NEWS

Selama Operasi Lilin Menumbing Ada 19 Kejadian Gangguan Kamtibmas di Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Operasi Lilin Menumbing 2021 yang digelar Polda Bangka Belitung selama 10 hari terhitung dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, menemukan adanya kasus yang mengarah pada gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Maladi mengatakan jumlah gangguan kamtibmas selama pelaksanaan operasi Lilin Menumbing 2021 sebanyak 19 kasus atau mengalami penurunan.

“Turun sebanyak 24 kasus bila dibandingkan dengan jumlah gangguan kamtibmas yang terjadi selama pelaksanaan operasi Lilin Menumbing tahun lalu yang mencapai 43 kasus,” ujar Maladi kepada wartawan, Rabu, 5 Januari 2021.

Bila dibandingkan Operasi Lilin Menumbing Tahun 2020 dan 2021, kata Maladi, gangguan kamtibmas didominasi oleh jenis kasus curat, curas, penganiayaan dan narkoba.

“Untuk Curat turun dimana tahun ini terjadi 4 kasus. Sedangkan tahun lalu sebanyak 12 kasus. Untuk curas turun juga turun dimana tahun ini nol kasus dan tahun lalu ada 2 kasus,” ujar dia

Sedangkan untuk kasus penganiayaan, Maladi menuturkan ada penurunan dimana tahun ini terjadi satu kasus. Sedangkan tahun lalu ada 4 kasus.

“Untuk penyalahgunaan narkoba tetap satu kasus seperti tahun kemarin,” ujar dia.

Maladi menambahkan pelaksanaan Operasi Lilin Menumbing pihanya mengerahkan 1.539 personil gabungan dari TNI-Polri dan seluruh Intansi terkait di Wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

“Selain itu ada 30 pos pengamanan dan pelayanan yang tersebar, terdiri dari 20 pos pengamanan dan 10 pos pelayanan. Selain itu, kita juga menyediakan pos terpadu atau pos checkpoint yang tugasnya memeriksa kelengkapan administrasi para pelaku perjalanan,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button