BANGKALENSA DAERAHNEWS

Pemkab Bangka Dorong Peningkatan Sanitasi Lingkungan di Desa-desa

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Salah satu upaya yang ditempuh, dengan peningkatan taraf kesehatan lingkungan.

Berlangsung Rabu, 5 Januari 2022, Bupati Bangka Mulkan meresmikan bantuan pembangunan sarana sanitasi individual dan rumah layak huni, di Balai Desa Labuh Air Pandan, Kecamatan Mendo Barat.

“Inilah langkah pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Bangka ini. Memiliki jamban ini memberi kenyamanan terkait akses buang air besar kepada masyarakat kita,” tutur Mulkan.

Adanya sanitasi yang baik juga akan menurunkan tingkat polusi udara. Menurut Mulkan, hal ini juga sebagai langkah dalam mencegah berbagai penyakit yang bisa saja disebabkan oleh lingkungan kumuh.

“Jika tidak ada polusi udara tidak ada lagi penyakit yang disebabkan oleh kotoran,” ujarnya.

Dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, Pemkab Bangka juga berkomitmen untuk melakukan pemerataan pembangunan dengan program rumah layak huni bagi masyarakat.

“Untuk pemerataan pembangunan kita lakukan lewat program rumah layak huni,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna, menginformasikan total sudah tercatat 807 unit jamban yang sudah dibangun di Kabupaten Bangka.

“Sudah dibangun sebanyak 807 unit untuk tahun 2021 se-Kabupaten Bangka,” tukasnya.

Pada acara kesempatan ini, Bupati Bangka didampingi Ketua PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan, Kapolres Bangka beserta segenap Kepala OPD Pemkab Bangka melakukan peninjauan ke sejumlah jamban yang telah dilakukan pembangunan.

Tak luput juga dari perhatian Pemerintah Daerah, sejumlah masyarakat sekitar pun juga menerima beberapa paket sembako untuk meringankan kebutuhan harian mereka.

Kfc | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button