BANGKANEWS

PPDB Sekolah Luar Biasa Negeri Sungailiat Berakhir

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sungailiat telah menutup penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022.

Penerimaan PPDB di SLB Sungailiat sendiri berlangsung sejak 17 hingga hari ini 22 Juni 2021. Pendaftaran PPDB di sekolah bagi anak-anak berkebutuhan khusus ini menerima tiga jenjang pendidikan, yakni SD-LB, SMP-LB dan SMA-LB.

Di akhir waktu pendaftaran, sejumlah calon leserta didik audah mendaftar di antaranya, 11 anak untuk jenjang SD, 14 anak jenjang SMP dan 6 anak jenjang SMA yang pengesahan calon peserta didik SLB sendiri pada tanggal 25 Juni mendatang.

Selang satu hari setelah disahkan oleh pihak SLB, keesokan harinya, 26 Juni 2021, panitia akan mengumumkan penetapan calon peserta didik baru. Kemudian dilanjutkan pendaftaran ulang pada 27 hingga 29 Juni 2021. Setelahnya akan dilakukan pengenalan lingkungan sekolah pada 15 – 17 Juli 2021 bertepatan dimulainya tahun ajaran baru pada 15 Juli 2021 mendatang.

Nurlina, Panitia pelaksana PPDB SLB N Sungailiat mengatakan, sistem penerimaan di SLB sendiri berbeda dengan sekolah lainnya. Kalau sekolah umum menggunakan PPDB online, sedangkan SLB N Sungailiat masih offline. Wali dan murid harus datang ke sekolah.

Ditanya soal kenapa PPDB khusus SLB dilaksanakan dengan sistem offline, Guru SLB spesialis C (tunagrahita) ini menjelaskan, pihaknya dalam hal ini ingin mengetahui calon peserta didik tersebut masuk kategori apa.

“Seperti identifikasi lah, beneran nggak anak ini masuk kategori A (tunanetra), B (tunarungu) atau C (tunagrahita),” papar perempuan yang akrab dipanggil Lina ini, Rabu, 23 Juni 2021.

Dia menambahkan, kalau menggunakan sistem online ditakutkan orangtua si anak tidak mengerti kategori kekhususan si anak. Standar yang SLB terapkan sudah berdasarkan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan Provinsi.

Pantauan Lensabangkabelitung.com di lapangan, tampak para siswa SLB memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung program keterampilan. Di antaranya pramuka, kriya kayu, tata busana/menjahit, tata boga, tata rias/kecantikan, membatik dan lain-lain.

Penulis: Abdul Roni | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button