NEWSPANGKALPINANG

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pangkalpinang Tekankan Pentingnya Aspek Pendukung dalam Pariwisata

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suryo Kusbandoro membuka kegiatan pelatihan keamanan dan keselamatan destinasi pariwisata atau daya tarik Kota Pangkalpinang tahun 2021 di Sun Hotel Pangkalpinang pada Selasa, 5 Oktober 2021.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh sebanyak 40 peserta, Suryo mengatakan banyak daerah dan wilayah pada akhirnya berlomba-lomba memperoleh maupun memperindah destinasi wisata untuk menarik banyak pengunjung. 

“Namun demikian, menjaga destinasi wisata alam agar selalu dikunjungi wisatawan dan membuatnya berkelanjutan juga memerlukan perhatian khusus. Selain faktor 3A (akses, atraksi dan amenitis), faktor 2K (komitmen dan konsistensi), ada juga faktor yang tidak kalah penting untuk menjaga agar sebuah destinasi menjadi destinasi wisata berkelanjutan, yaitu keamanan dan keselamatan. Apalagi, pada umumnya destinasi wisata alam memiliki lokasi yang berada jauh dari pusat permukiman,” kata Suryo.

Dirinya juga menjelaskan peran dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam hal pemanduan wisata yang biasanya lebih memahami kondisi geografi dan sosiologi destinasi wisata. Sifat objek wisata alam yang merupakan hutan alami dan sungai menuntut pemandu wisata untuk memenuhi kompetensi manajemen keamanan dan keselamatan agar dapat mengambil langkah yang tepat untuk menjaga keamanan wisatawan dan tanggap untuk mengambil langkah darurat ketika terjadi masalah keamanan dan keselamatan.

“Manajemen keamanan dan keselamatan pariwisata harus dilakukan dalam semua level promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif oleh semua pemangku kepentingan. Tindakan promotif dapat dilakukan dengan cara memberikan sejumah pelatihan khusus untuk melakukan langkah-langkah keamanan dan keselamatan yang diberikan kepada pemandu wisata lokal dan masyarakat setempat,” jelanya.

Selain keamanan dan keselamatan, Suryo juga tidak lupa akan pentingnya untuk menurunkan level PPKM, para pihak-pihak terkait harus bekerja keras demi kebaikan semua, terutama dalam hal destinasi pariwisata, tetap menjaga protokol kesehatan.

“PPKM ini selalu ada evaluasi, tentu kita semua berupaya agar dapat turun status dari level 3 menuju 2, maka itu semuanya harus kerja keras untuk mencapai itu semua, nantinya kita kalau sudah di level 2, kita bisa berolahraga berkelompok, tidak seperti sekarang di level 3 yang olahraga mandiri,” ucap Suryo.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button