NEWS

KPK Buat Netizen Tertawa, Laporan Gratifikasi Tahun 2021 Ada Cilok Satu Porsi

Lensabangkabelitung.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeluarkan data pelaporan gratifikasi selama tahun 2021 melalui akun resmi instagramnya @official.kpk. Terdapat 2.127 laporan yang diterima KPK dengan total nominal Rp 8 niliar.

Dari sejumlah itu, ada satu laporan gratifikasi yang unik, yakni satu porsi cilok yang merupakan jajanan yang sering dibeli anak sekolahan dengan harga Rp 10.000.

Sontak postingan ini membuat publik tertawa, seperti yang dituliskan oleh akun @menantu_kerajaan dan @ramahidayatullah_ di akun instagram @official.kpk

“Miminnya lucu, pemberitahuan publiknya penyampaiannya jelas dan memasyarakat,” tulis @menantu_kerajaan.

“Kalo ada yang ngasih cilok bisa lebih hati-hati ya gaes,” tulis @ramahidayatullah_.

Pada pengelolaan unit pengendalian gratifikasi, KPK mencatat secara total 483 dari 774 instansi yang terdiri dari Kementerian, Lembaga Negara, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota/Kabupaten, dan BUMN telah menyampaikan laporan gratifikasinya.

“32 dari 34 Kementerian, 61 dari 69 Lembaga Negara, 32 dari 34 Provinsi, 288 dari 514 Kabupaten/Kota dan 70 dari 123 BUMN telah menyampaikan laporan gratifikasi,” mengutip dari akun resmi official.kpk pada Jumat, 21 Januari 2022.

Gratifikasi yang paling banyak menggunakan uang, disusul Di posisi kedua barang, kemudian makanan, dan pernikahan (kado, uang, karangan bunga, uang).

Dari 2.127 laporan yang diterima, 1.290 laporan diterima melalui GOL, yakni layanan pelaporan gratifikasi online yang dioperasikan oleh KPK.

Sisanya didapat Individu sebanyak 525 laporan, dari e-mail 214 laporan, dari surat 68 laporan, dari pesan telepon 16 laporan, dan datang langsung 14 laporan.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button