BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Komisi II DPRD Babel Tinjau Fasilitas SMK 1 Tukak Sadai yang Masih Minim

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Komisi II DPRD Bangka Belitung meninjau pelaksanaan pembelajaran sekaligus memantau perkembangan kapal yang dihibahkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan kepada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tukak Sadai, Bangka Selatan.

“Tujuan kita hari ini ke SMK Negeri 1 Tukak Sadai dalam rangka kami melihat secara langsung kegiatan proses belajar mengajar sekaligus memantau pemberian hibah dari Dinas Kelautan dan Perikanan ke SMK ini berupa kapal untuk menunjang proses belajar mengajar,” ujar Ketua Komisi II, Adet Mastur, Jumat, 14 Januari 2022.

Dari hasil pantauan itu, ia menuturkan terdapat beberapa jurusan di SMK ini yang memerlukan sarana dan alat penunjang lainnya guna mendukung proses belajar-mengajar terutama pada saat siswa melakukan kegiatan praktikum.

“Ini menjadi catatan bagi dinas pendidikan dan kami sendiri tentunya, setelah melihat di SMK ini alat-alat praktikum masih sangat minim,” ujarnya.

Sekolah kejuruan dinilai lebih banyak praktikum ketimbang pembelajaran tatap muka, dikatakannya kurang lebih 60 persen siswa melaksanakan praktikum selebih terdiri dari penyampaian teori.

“Kalau banyak teori, ini kan tidak paham mereka. Harus banyak praktek karena SMK ini tujuannya untuk menciptakan tenaga yang memiliki skill yang di siap diturunkan di lapangan,” cetusnya.

Lebih jauh, tamatan SMK dianggap telah memiliki skill dalam sautu bidang, untuk itu mereka disiapkan untuk bekerja dan dapat mengaplikasikan kompetensinya di manapun, tidak menutup kemungkinan perusahan-perusahaan besar.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button