BANGKA BARATLENSA DAERAHNEWS

Kejari Bangka Barat Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp1,129 Miliar

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Kejaksaan Negeri Bangka Barat (Kejari Babar) berhasil melakukan penyelamatan kerugian keuangan negara sebesar Rp1,129 miliar dalam proses penanganan perkara tindak pidana korupsi yang ditangani oleh Seksi Tindak Pidana Khusus sepanjang tahun 2021 lalu.

Pencapaian tersebut diraih melalui pembayaran uang pengganti kerugian keuangan negara, denda dan hasil pelaksanaan lelang barang rampasan yang berasal dari perkara tindak pidana korupsi di PT BPRS Babel cabang Muntok dan Homestay Fair Muntok Kabupaten Bangka Barat.

“Sejumlah uang yang berhasil diselamatkan tersebut langsung dikembalikan kepada pihak PT BPRS Babel dan disetorkan ke kas negara,” kata Kepala Kejari Babar, Helena Octavianne, Senin, 3 Januari 2022.

Helena menjelaskan, pembayaran uang pengganti sebagai pidana tambahan yang diputuskan kepada pelaku korupsi hakekatnya sebagai upaya mengembalikan kerugian keuangan negara. Pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti tersebut perlu dituntut dan diputuskan pada setiap perkara korupsi.

“Kejari Bangka Barat berharap uang hasil pemulihan dan penyelamatan keuangan negara yang telah disetorkan dan masuk ke dalam kas negara dapat membantu meningkatkan perekonomian yang saat ini masih dalam Pandemi Covid-19 serta dapat mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional,” demikian Helena Octavianne.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button