NEWS

Huzarni Rani: Bicara Faksi, Tanda Erzaldi Cemas Ditinggalkan ASN Pemprov

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Loyalitas seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) itu kepada negara, pemerintah. Tidak ada loyalitas ASN kepada individu.

Hal itu dikatakan Huzarni Rani, mantan ASN dengan berbagai jabatan level atas di Pemprov Babel, ketika menanggapi pernyataan Erzaldi Rosman yang menyebutkan adanya faksi-faksi ASN di lingkungan Pemprov Babel.

“Pernyataan Gubernur itu sebagai ketakutan seorang Erzaldi yang mulai merasa cemas karena akan ditinggalkan ASN,” ujar Huzarni Rani, Selasa, 4 Januari 2022.

Dengan sisa jabatan lima bulan lagi, menurut Huzarni, hendaknya Erzaldi fokus saja menyelesaikan janji-janji politik yang masih banyak tertunggak. Bukan malah mengalihkan perhatian dengan membuat statemen yang bahkan bisa menimbulkan kegaduhan dan suasana kerja ASN jadi kacau.

“ASN itu non politis. Tidak ada faksi-faksi itu di ASN. Ini bisa jadi Gubernur ngarang sendiri, seakan-akan ada faksi,” tegas mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemprov Babel dan juga pernah menjabat Pj Bupati Bangka Selatan dan Pj Bupati Bangka Barat, itu.

Lebih lanjut Huzarni menuturkan, jabatan kepala daerah yang tiap 5 tahun berganti, hendaknya seorang kepala daerah yang akan habis masa jabatan tak perlu risau dan sebaiknya menyikapi dengan biasa saja. Apalagi, perpindahan kekuasaan adalah sesuatu hal yang wajar akan terjadi di saat seseorang selesai masa jabatan dan digantikan orang lain.

“ASN itu siapapun yang menjadi gubernur atau penjabat gubernur, dia akan loyal kepada pemegang jabatan itu. Jadi, kalau nanti ada Pj Gubernur Babel, ya ASN Babel akan loyal kepada Pj Gubernur itu. Karena loyalitas ASN tidak kepada individu,” tutur dia.

Sebelumnya, Erzaldi Rosman menyinggung soal adanya faksi-faksi di ASN Pemprov Babel yang dikhawatirkannya akan menurunkan kinerja.

“Menyongsong tahun baru 2022, saya minta kepada ASN kobarkan semangat baru dalam bekerja, dan jaga selalu kekompakan. Jangan ada faksi-faksi yang akan melemahkan kebijakan daerah kita,” ujar Erzaldi, Senin (3/1/2022), ketika memimpin rapat pimpinan yang membahas Evaluasi Pembangunan Daerah Tahun Anggaran 2021 dan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Tahun Anggaran 2022.

Rapat itu dihadiri Wakil Gubernur Abdul Fatah, Sekretaris Daerah Naziarto, serta seluruh pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Babel.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button