NEWSPANGKALPINANG

Hapkido, Bela Diri dari Korea Mulai Eksis di Bangka Belitung

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Hapkido Indonesia menggelar short course (pelatihan singkat) selama dua hari, 15 sampai 16 Januari 2022 yang dilaksanakan di Gedung Panti Wangka Kota Pangkalpinang. Hapkido merupakan olahraga beladiri, berasal dari Korea. Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan.

Founder Hapkido Indonesia Master Vincentius Yoyok Suryadi mengatakan, dalam program short course pihaknya turut memberikan pelatihan secara langsung yang diikuti oleh para peserta dari berbagai Kabupaten/Kota di Bangka Belitung.

“Ini merupakan program short course keempat kalinya, dan hari ini merupakan short course terakhir untuk di Bangka Belitung,” ucapnya pada Minggu, 16 Januari 2022.

Dia mengatakan short course ini merupakan suatu program untuk mencari perkembangan bela diri hapkido terutama untuk para pelatih ataupun calon pelatih.

Oleh karena itu dengan adanya program short course tersebut berharap Bangka Belitung ini tidak terlalu tertinggal terlalu jauh dan berharap Bangka Belitung segera memiliki pelatih dan atlet.

“Kita menargetkan untuk mengejar PON pada 2024, sedangkan 2023 sudah mulai Pra PON dan 2022 sudah mulai ada Kejurnas,” ucapnya.

Dia menuturkan bela diri Hapkido dilihat memang sangat menakutkan jika itu dilihat oleh orang yang tidak mengikuti pelatihan. Akan tetapi bagi yang mengikuti pelatihan, bela diri hapkido sangat aman dikarenakan hapkido telah memiliki suatu standar.

“Dalam melatih kita meski tahu terutama cara melatih pada anak-anak, sebab cara melatih anak-anak beda dengan cara melatih orang dewasa. Jadi, tidak perlu khawatir hapkido mempunyai satu semboyan yang namanya safety, healthy, happy,” ucap dia.

Lebih lanjut dia mengatakan anak muda di Bangka Belitung memiliki potensi yang luar biasa dan perlu dikembangkan serta dilatih dengan baik sebab hapkido merupakan olahraga baru di dalam even PON.

“Di PON ini kesempatannya sangat besar untuk Bangka Belitung, Kenapa? Karena hapkido masih baru di Bangka Belitung dan belum seketat daerah lain. Jadi perlu persiapan yang matang agar hasilnya bagus di PON,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Daerah Hapkido Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Supartono mengucapkan terimakasih kepada Master Yoyok yang telah memperhatikan Bangka Belitung.

Menurut dia, dengan adanya agenda Hapkido di pusat, Bangka Belitung khususnya akan mengikuti even baik itu tingkat wasit, pelatih bahkan Kejuaraan Nasional.

“Insyaallah Bangka Belitung ke depan akan mengikuti even diantaranya tingkat wasit pada Februari dan tingkat pelatih pada Juni serta kejuaraan nasional di Padang pada Agustus 2022 nanti,” ucapnya.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button