NEWS

Diselip di Bawah Tumpukan Nanas, Upaya Penyelundupan Timah Berhasil Digagalkan Polairud Pangkalpinang

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 163 kilogram timah yang akan diselundupkan ke Jakarta, Sabtu, 8 Januari 2022 digagalkan Satuan Polisi Laut dan Udara (Polairud) Polres Pangkalpinang. CP dan FM, dua sopir truk yang akan menyeberangkan selundupan itu, berhasil diamankan.

Modus penyelundupan timah tersebut adalah dimasukkan ke dalam truk bernomor polisi BN 8966 PT dan BN 8243 QA yang berisi nanas di Kapal KM Star Belitung.

Kasat Polairud Polres Pangkalpinang AKP Yordansyah mengatakan terungkapnya upaya penyelundupan itu bermula ketika pada Jumat, 7 Januari 2022 mendapatkan informasi dari masyarakat adanya penyelundupan timah menuju Jakarta menggunakan kapal laut.

“Sabtu pagi, didapatkan dua truk bermuatan nanas di dalam kapal KM Star Belitung, saat diperiksa ditemui enam karung secara terpisah di dua truk,” kata Yordansyah.

163 kg timah tersebut terdiri dari lima karung seberat 140 kg timah balok, dan satu karung seberat 23 kg timah pasir.

“Dari penglihatan seperti timah, tapi nanti tetap akan kita uji lab ini slag ataupun timah,” tambah Yordansyah.

Salah satu dari sopir truk positif menggunakan narkotika, hal ini diketahui saat anggota melakukan tes urin kepada kedua supir truk, namun tidak ada barang bukti ditemukan.

Selanjutnya SatPolairud akan melakukan pengembangan terkait kepemilikan timah ini, dan saat ini sedang melakukan pengejaran.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button