LENSA POLITIKNEWS

Dikunjungi Komisi II DPRD Babel, Pemkab Babar Perjuangkan Pesanggrahan Menumbing Masuk Cagar Budaya

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming bersama jajaran Anggota Komisi II DPRD Bangka Belitung serius membahas usulan Pesanggrahan Menumbing masuk cagar budaya nasional. Ke depan diharapkan kunjungan wisatawan baik domestik dan internasional meningkat dalam konsep even-even besar dengan memanfaatkan eksotisme kota tua Muntok itu.

“Bagaimana membuat Pesanggrahan Menumbing ini punya nilai sejarah dengan tetap menjaga nilai sejarahnya, tetapi juga punya nilai estetika lainnya,” ujar Bong Ming Ming, Sabtu, 15 Januari 2022. Dengan begitu, orang-orang datang bisa lebih lama. “Tidak hanya berkunjung 15 menit kemudian dia turun,” imbuhmya.

Ia menuturkan, pihak Pemkab Bangka Barat telah mengajuan proposal melalui dana bantuan provinsi senilai Rp5 miliar yang tujuannya untuk meningkatkan fasilitas penunjang sektor pariwisata.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Muhammad Ali menjelaskan pihaknya telah melaksanakan rapat guna memasukkan Pesanggrahan Menumbing masuk cagar budaya nasional, sejauh ini Bangka Barat telah menyelesaikan dua Detail Engineering Design (DED).

“Ada beberapa hal yang ingin kami konfirmasikan terkait cagar budaya Pesanggrahan Menumbing. Di tahun 2021 kami telah menyelesaikan dua DED, satu DED air sumber dan satu lagi DED revitalisasi kawasan bersejarah pesanggrahan menumbing,” terangnya.

Mansah selaku Anggota Komisi II DPRD Bangka Belitung menyebutkan pihaknya sangat mendukung usulan yang telah disusun Pemkab Bangka Barat dalam memperjuangkan Pesanggrahan Menumbing. Dalam penganggaran, pihaknya bersedia memaksimalkan fungsi anggaran yang melekat sebagai anggota legislatif.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button