BANGKA TENGAHNEWS

Asetnya Dibakar Massa, PT Mitra Stania Kemingking Akui Tidak Bisa Penuhi Tuntutan Warga Soal Harga

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Aset milik PT Mitra Stania Kemingking (MSK) di wilayah Izin Usaha Pertambangannya (IUP) yang terletak di Desa Penyak, Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah dirusak dan dibakar massa kemarin.

Terkait hal tersebut, Perwakilan PT MSK Sutoyo mengatakan pihaknya berencana mengambil langkah hukum karena sudah peristiwa yang terjadi sudah berujung pengrusakan.

“Kalau laporan resmi seharusnya sudah. Silahkan ke Bu Desi sampai dimana prosesnya karena dia yang berhubungan dengan eksternal,” ujar Sutoyo saat dihubungi wartawan, Rabu, 12 Januari 2022.

Menurut Sutoyo, tuntutan masyarakat agar pihaknya angkat kaki belum mendasar karena pihaknya sudah memiliki IUP dan sudah sesuai aturan.

“Tuntutan angkat kaki? Itu kita punya IUP. Jadi kita berdasar pada aturan pemerintah sesuai IUP yang kita punya. Tapi kita tidak mungkin tidak melibatkan masyarakat sekitar. Apalagi memang penambang itu sebelumnya sudah melakukan penambangan di situ,” ujar dia.

Soal harga beli timah ke PT MSK yang murah hingga dikeluhkan penambang, Sutoyo mengatakan pihaknya belum bisa menyamakan harga beli dengan harga timah di pasaran.

“Sebenarnya tidak bisa dibilang murah juga. Tapi memang tidak bisa mengikuti harga pasar karena sebagai pemilik IUP kita punya kewajiban membayar pajak, royalti dan yang lainnya. Jadi pasti tidak bisa mengikuti tuntutan warga supaya disamakan dengan harga luar. Lagi pula penambang yang menambang di dalam IUP relatif aman karena kita ada di situ,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button