BELITUNG TIMURLENSA DAERAHNEWS

Anggota Forum DAS Beltim Didemo Penambang, Hingga Disuruh Hengkang dari Belitung

Lensabangkabelitung.com, Belitung Timur – Sebanyak lebih dari 150 orang massa penambang ilegal, Kamis, 6 Januari 2022, melakukan aksi penggerudukan menjurus tindakan persekusi terhadap Yudi Amsoni selaku Anggota Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) di kediamannya yang beralamat di Desa Sukamandi, RT 03, RW 02, Kecamatan Damar Kabupaten, Belitung Timur.

Aksi massa penambang rajuk ilegal di daerah aliran Sungai (DAS) Manggar itu dikarenakan adanya penertiban yang dilakukan pihak kepolisian, sehingga tidak bisa melakukan aktivitas tambang lagi. Mereka menuding Yudi menjadi biang penyebabnya.

“Akibat adanya penertiban tambang, lalu mereka tidak bisa menambang lagi, jadi para penambang datang ke rumah saya, mereka beranggapan saya yang melaporkannya,” jelas Yudi saat dihubungi Lensabangkabelitung.com.

Saat aksi berlangsung, menurut Yudi, turut hadir juga Kapolsek Damar, Kasat Intel Polres Belitung Timur, kepala desa, Babinsa serta Babinkamtibmas, yang memantau aksi para massa penambang ilegal.

Yudi yang selalu membagikan segala hal yang berkaitan dengan kerusakan lingkungan di media sosial, menjadi hal yang dikeluhkan penambang ilegal. Mereka menuntut agar Yudi tidak melakukannya lagi.

“Saya disuruh membuat surat pernyataan untuk tidak melapor lagi. Jangan ketawa ya lihatnya, karena itu disuruh penambang. Saya juga disuruh hengkang dari Pulau Belitung,” sebut Yudi.

Dari insiden ini, Yudi mengatakan tidak akan melaporkannya ke pihak berwajib, karena menurut dia, ditakutkan ke depannya akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan, sebab massa yang menggeruduk kediamannya berasal dari desa yang sama.

Saat disinggung terkait dalang dari pemilik tambang tersebut, Yudi memilih untuk tidak mengungkap siapa orangnya. Sebab dirinya harus bersikap lebih berhati-hati saat ini.

“Ada bos lah mereka, gak enak lah saya sebut bosnya, karena saat ini saya harus hati-hati,” kata Yudi.

Atas adanya peristiwa ini, ke depannya Yudi mengatakan tidak akan berhenti mempertahankan kelestarian lingkungan yang selama ini sudah dilakukannya.

“Sampai saya tutup usia, saya akan tetap terus menjaga lingkungan hidup di mana pun saya berada. Jangan pernah lelah menjaga kelestarian alam di NKRI ini, selamatkan yang tersisa,” ucap Yudi.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button