BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Tumbuh Kembang Minat Baca Anak, DKP Bateng Gelar Diskusi Isi Buku Anak Kulong

Lensabangkabelitung.com, Pangkalan Baru – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) menggelar Diskusi Isi Buku (SIBUK) berjudul “Anak Kulong” Karena Masa Kecil Itu Harus Bahagia, di SD STKIP Muhammadiyah Kecamatan Pangkalanbaru. Rabu (1/12/2021).

Dihadiri Bunda Baca Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry tujuan acara ini dilaksanakan guna mengenalkan buku dan menumbuh kembangkan minat baca anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

“Kegiatan hari ini Sibuk yaitu Diskusi Isi Buku. Sibuk yang insya Allah bermanfaat sekali. Dalam buku yang dikarang oleh Bunda Desri yang berjudul “Anak Kulong” ini, ada beberapa cerita yang disampaikan diantaranya menceritakan masa kecil yang sangat membahagiakan, misalnya dengan bermain igik karet, mandi di kulong, nanggok ikan, dan lain sebagainya. Tentunya hal-hal ini tidak ditemui lagi oleh anak-anak sekarang, karena anak-anak sekarang eranya sudah berubah dan sudah menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman,” kata Eva Algafry.

“Kita ingin mengenalkan kepada anak-anak bahwa inilah keseruan di masa kecil dulu yang ternyata tidak kalah serunya dengan anak-anak sekarang, bagaimana dulu aktivitas fisik sangat dikembangkan, anak-anak tidak hanya diam di rumah tapi mereka dapat melatih kecerdasan, kedisiplinan, dan tanggung jawab,” lanjutnya.

Harapannya, kegiatan ini merupakan awal yang baik untuk menumbuh kembangkan literasi kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan, dan dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa membaca buku itu menyenangkan dan bisa menambah wawasan tentang hal-hal yang baru.

Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Irwandi mengungkapkan, kegiatan Sibuk ini merupakan salah satu program Bunda Baca Kabupaten Bangka Tengah yang digagas oleh pihaknya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk menghargai hasil karya tulis dari penulis Bangka Tengah dan untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Kabupaten Bangka Tengah. Yang menjadi sasaran kita adalah anak-anak Sekolah Dasar dan Sekolah Tingkat Pertama,” jelas Irwandi.

“Mudah-mudahan dengan tercapainya perkembangan zaman dan meningkatnya minat baca diharapkan dapat meningkatkan intelektual dan wawasan anak-anak yang nantinya akan mengisi pembangunan di Kabupaten Bangka Tengah yang Semakin Unggul,” kata Irwandi.

Sementara Desri Susilawani selaku pengarang buku “Anak Kulong” Karena Masa kecil Itu Harus Bahagia, sangat mengapresiasi kegiatan ini karena bentuk kepedulian dan penghargaan kepada para penulis yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

“Alhamdulillah acara ini disambut antusias oleh anak-anak SD STKIP Muhammadiyah. Dengan diadakannya acara ini kami para penulis di Kabupaten Bangka Tengah merasa sangat dihargai. Semoga kegiatan ini berkelanjutan sehingga dapat memberikan kesempatan kepada para penulis untuk mempromosikan karya tulisnya supaya lebih dikenal dan sebagai motivasi bagi kami untuk melanjutkan karya-karya yang memiliki nilai kearifan lokal di Kabupaten Bangka Tengah,” ujar Desri.

Buku Anak Kulong ini asli dari Bangka Tengah karena baik cerita maupun tempatnya ada di Bangka Tengah. Desri berharap mudah-mudahan buku ini akan lebih disebarluaskan lagi.

Hendri/ Diskominfosta Bangka Tengah

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button