NEWS

Tok! Majelis Hakim Tolak Gugatan Rahman Terhadap Pulomas

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Majelis hakim Pengadilan Negeri Sungailiat, mementahkan gugatan yang diajukan Rahman, seorang warga Parit Pekir, Sungailiat, yang menggugat PT Pulomas Sentosa dan Bupati Bangka.

Putusan itu dibacakan dalam sidang dengan agenda putusan akhir yang digelar Pengadilan Negeri Sungailiat, Rabu, 15 Desember 2021, yang diketuai oleh Benny Yoga Dharma, selaku Hakim Ketua, didampingi Firman Jaya dan Vidya Andini Tuppu sebagai hakim anggota.

“Kemarin sudah putus. Putusannya NO atau gugatan tidak dapat diterima,” kata Firman Jaya, Humas Pengadilan Negeri Sungailiat yang juga adalah Hakim Anggota yang mengadili kasus gugatan tersebut, ketika dihubungi Lensabangkabelitung.com, Kamis, 16 Oktober 2021.

Putusan NO atau Niet Ontvankelijke Verklaard atau yang seringkali disebut sebagai putusan NO, merupakan putusan yang menyatakan bahwa gugatan tidak dapat diterima, karena mengandung cacat formil.

Timbulnya perkara itu hingga ke persidangan perdata, bermula ketika Rahman, menggugat PT Pulomas dan Bupati Bangka dengan mengklaim perahunya pecah di muara Air Kantung. Ia menuduh, pecah perahunya sebagai imbas dari aktivitas pengerukan yang dilakukan Pulomas.

Rahman, lewat kuasa hukumnya dari Lembaga Perkumpulan PDKP Babel, meminta pertanggungjawaban PT Pulomas Sentosa, yang diberikan izin normalisasi dan pengerukan alur muara Air Kantung. Adapun Bupati Bangka turut menjadi tergugat karena menerbitkan izin kepada PT Pulomas Sentosa.

Dengan majelis hakim menjatuhkan putusan tidak dapat diterima, sekaligus memupus asa penggugat yang sebelumnya di persidangan itu menuntut ganti rugi sebesar Rp1,3 miliar.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button