BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA NASIONALLENSA POLITIKNEWS

Tinjau Pelaksanaan Pilkades, Wabup Bangka Selatan Harapkan Calon Terpilih Bisa Memajukan Desa

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi didampingi Ketua DPRD, Erwin Asmadi bersama untuk Forkopimda meninjau secara langsung pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Desa Rias Kecamatan Toboali, Rabu, 8 Desember 2021.

Dalam pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 yang dilaksanakan di 31 Desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan turut di hadiri perwakilan Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Audita beserta rombongan.

Debby Vita Dewi mengatakan, dari hasil peninjauan pelaksanaan Pilkades serentak di beberapa titik berjalan berjalan dengan lancar, aman dan kondusif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Dari tiga tempat termasuk di Desa Rias yang mengadakan Pilkades sangat kondusif, masyarakat yang hadir juga sudah banyak hampir 70 persen. Semoga sampai selesai perhitungan suara nanti tetap berjalan dengan aman dan kondusif,” kata Debby kepada wartawan, Rabu, 8 Desember 2021.

Ia mengatakan, pelaksanaan Pilkades ini para pemilih dan petugas sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik. Di samping itu juga di tempat pemungutan suara (TPS) juga disediakan gerai vaksinasi Covid-19 guna mengantisipasi para pemilih belum disuntik vaksin.

“Untuk percepatan target vaksinasi Covid-19 dari pusat setiap tempat yang kurang vaksinasi Covid-19 kami buka gerai vaksinasi Covid-19. Selain itu juga disediakan bilik khusus bagi pemilih yang bersuhu di atas 37,3 derajat,” ujar dia.

Ia berharap kepada kepala desa terpilih, bisa memajukan desanya masing-masing dan saling bersinergi dengan Pemerintah Daerah guna pembangunan daerah Bangka Selatan.

Sementara itu, Perwakilan Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Audita mengatakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Desa Rias, Toboali sudah sesuai dari pemerintah dalam negeri sebanyak 275 pemilih.

“Di TPS 05 Desa Rias, Toboali, Bangka Selatan sangat kondusif dan sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu untuk DPT sudah sesuai Pemdagri sebanyak 275,” kata Audita.

Ia menuturkan, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan pelaksanaan Pilkades di Desa Rias sudah sesuai dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19, dimana sudah disediakan tempat pencuci tangan, pengukur suhu tubuh dan juga disediakan bilik khusus bagi masyarakat yang suhu tubuhnya diatas 37.3 derajat.

“Kedatangan kami ke sini untuk melakukan pemantauan secara langsung jalannya Pilkades serentak di Bangka Selatan. Dan dari hasil pemantauan Pilkades Serentak di desa Rias ini sudah sesuai dengan Permendagri No 72 tahun 2020,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button