BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Tiga Desa di Kecamatan Airgegas Diterjang Angin Puting Beliung, Satu Orang Tertimpa Asbes

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Sebanyak tiga Desa di Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan, pada Selasa siang 7 Desember 2021 diterjang Angin Puting Beliung yang menyebabkan ratusan rumah mengalami kerusakan.

Tiga Desa yang mengalami musibah bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Airgegas yakni Desa Bencah, Desa Delas dan Desa Sidoarjo.

Kapolsek Airgegas, Iptu Tian Talingga siizin Kapolres AKBP Joko Isnawan mengatakan, bencana alam angin puting beliung yang terjadi di tiga desa berawal dari hujan deras yang kemudian disusul angin kencang puting beliung yang menghantam rumah warga.

“Kejadian puting Beliung di Desa Sidoarjo terjadi sekitar pukul 11.30 WIB, sedangkan di Desa Bencah dan Desa Delas terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Akibat kejadian tersebut total terdapat 148 rumah yang mengalami kerusakan pada bagian atap,” kata Iptu Tian Talingga, Selasa, 7 Desember 2021.

Lebih rinci Tian menyebutkan, untuk rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung di Desa Sidoarjo dia rumah yakni rumah saudara Bujang dan Di. Kemudian kerusakan rumah di Desa Delas terdapat tiga rumah yakni rumah saudara Tegno, Rinto dan Jamil.

“Untung di Desa Bencah terdapat 143 rumah yang mengalami kerusakan. Dan saat ini masih dilakukan pendataan. Selain merusak rumah warga, angin puting beliung juga merobohkan pepohonan yang berada di sepanjang jalan arah ke Desa Tepus sehingga pohon – pohon tersebut tumbang ke jalan dan menutupi jalan kurang lebih 1 km ke arah Desa Tepus,” ujar dia.

Tian mengungkapkan, dalam kejadian tersebut terdapat 1 orang korban jiwa yakni atas nama Men warga RT 10 Desa Bencah yang mengalami luka pada kaki akibat tertimpa asbes dan saat ini sudah di rujuk ke Rumah Sakit Siloam Pangkalpinang.

“Untuk bantuan terhadap warga tadi sudah ada bantuan dari pemerintah Bangka Selatan. Dan untuk Bhabinkamtibmas Desa Bencah, Desa Sidoarjo dan Desa Delas melaksanakan monitoring dan mengajak pemerintah desa dan warga desa untuk membantu warga yang rumahnya terkena angin puting beliung,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button