NEWS

Sudah Disampaikan ke Wagub Belum Ditanggapi, Para Sopir Angkutan Barang Keluhkan Sulit Dapat Solar

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kesulitan mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar masih dialami oleh para sopir truk angkutan barang yang ada di Bangka Belitung. Meski sudah menyampaikan keluhan kepada pemerintah daerah, hingga kini belum ada tanggapan untuk diselesaikan.

Ketua Romantika Sopir Truk Indonesia (RSTI) Cabang Bangka Belitung, Purdiansyah mengatakan laporan kepada pemerintah daerah disampaikan kepada Wakil Gubernur usai pelaksanaan Operasi Aman Nusa yang digelar beberapa waktu lalu. Namun sampai sekarang, kata dia, laporan tersebut belum ditanggapi.

“Kita masih kesulitan mendapatkan solar karena masih harus antri mulai tengah malam. Para sopir mulai 12 malam sudah harus memarkirkan mobilnya untuk antri BBM,” ujar Purdiansyah kepada wartawan, Sabtu, 11 Desember 2021.

Proses antrian pengisian BBM yang memakan waktu, kata Purdiansyah, membuat para sopir kekurangan waktu istirahat karena pagi hari sudah harus kembali bekerja.

“Bahkan ada rekan kita yang jatuh sakit akibat masuk angin karena antri malam-malam saat suasana hujan. Kondisi fisik sopir yang kurang istirahat ini bisa fatal karena sewaktu-waktu bisa terjadi kecelakaan yang merugikan para sopir maupun masyarakat,” ujar dia.

Meski sudah memiliki kartu kendali pengisian solar yakni Fuel Card, kata Purdiansyah, hal itu tidak serta-merta memudahkan para sopir. Untuk itu dia meminta agar pemerintah daerah, DPRD dan juga instansi terkait untuk turun tangan menyelesaikan keluhan para sopir angkutan barang.

“Pihak terkait harus bisa membedakan mana sopir yang betul-betul mengisi BBM untuk keperluan pekerjaannya dengan sopir yang hanya mengantri kendaraannya untuk mendapatkan BBM lalu dijual kembali,” ujar dia.

Purdiansyah menambahkan kesulitan yang dialami para sopir truk angkutan barang dalam mebgisi BBM tidak hanya terjadi di SPBU yang ada di Kota Pangkalpinang saja. Namun SPBU di kabupaten lain di Pulau Bangka juga terjadi hal yang sama.

“Jadi kami harapkan tolonglah para pihak yang terlibat turun tangan menyelesaikan persoalan ini,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button