NEWS

Silahturahmi dengan Pengurus AJI Pangkalpinang, Kapolda Babel Harap Sinergitas Media dan Polri Terjalin Baik

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Bangka Belitung Inspektur Jenderal Yan Sultra Indrajaya melakukan kunjungan dan silahturahmi Dengan Pengurus dan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pangkalpinang.

Kedatangan Yan didampingi langsung oleh Direktur Intelkam Komisaris Besar Daniel Victor Tobing dan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Humas Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Maladi di Sekretariat AJI Pangkalpinang, Rabu, 7 Desember 2021.

Kedatangan Yan ke AJI Pangkalpinang merupakan lanjutan dari kunjungan-kunjungannya ke organisasi wartawan konsituen Dewan Pers. Sebelumnya Yan juga bersilahturahmi dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Bangka Belitung.

“Silaturahmi guna meningkatkan kerjasama dan sinergitas antara media dengan Polri. Di luar Babel selama ini kita sering mendengar adanya gesekan antara Polri dan awak media, tapi di Babel minim akan hal tersebut,” ujar Yan.

Menurut Yan, media merupakan mitra Polri dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sebab apa yang dilaksanakan Polri tidak mungkin bisa diketahui masyarakat.

“Masyarakat butuh cepat informasi, apalagi ada beberapa hal terkait kredibilitas itu, disinilah peran media dalam menyampaikan informasi itu,” ujar dia.

Yan menuturkan pihaknya berbenah diri dalam internal, terutama dalam menyampaikan suatu hal terkait pemberitaan. Dia meminta ke Kapolres dan jajaran menyampaikan apa yang ditanyakan media sesuai data yang diterima dengan terlebih dulu mengkroscek perihal pertanyaan tersebut.

“Di SPN saya juga berkeinginan ada penyampaian hal-hal terkait Undang-Undang Pers supaya anggota baru bisa memahami kondisi setelah lulus pendidikan dalam menyampaikan suatu informasi, dan jika memang ada permasalahan terkait pers harus melalui Dewan Pers,” ujar dia.

Ketua AJI Kota Pangkalpinang Barlyanto menyambut baik kedatangan Kapolda Babel dan jajaran bertemu dengan Pengurus AJI Kota Pangkalpinang. Saat Yan baru menjabat sebagai Kapolda Bangka Belitung selama satu bulan, Barlyanto juga menyampaikan AJI Pangkalpinang baru berdiri resmi Februari 2021 setelah sebelumnya menginduk ke AJI Biro Palembang selama tiga tahun.

“Kami menyambut baik, supaya tidak ada permasalahan serius ketika kawan-kawan meliput di lapangan, terutama dengan personel kepolisian. Jangan sampai terjadi gesekan antara media dengan kepolisian, seperti yang terjadi di daerah lain,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button