NEWS

Semua Dikirim ke Lapas, Tak Ada Rehabilitasi untuk Pengguna Narkotika di Pangkalpinang

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Penyalahgunaan narkotika di Kota Pangkalpinang saat ini tidak ada pilihan untuk mendapatkan rehabilitasi gratis, karena tidak ada fasilitas untuk rehabilitasi.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pangkalpinang Jefferdian mengatakan, seharusnya berdasarkan dengan Undang-Undang, penyalahgunaan narkotika sebagai pemakai sendiri menjalani hukuman rehabilitasi.

“Sedangkan untuk pengguna sangat disayangkan tidak ada pilihan rehabilitasi, jadi dengan terpaksa kita tuntut pidana walaupun tidak berat,” ucap Jefferdian.

Menurutnya, apabila pengguna narkotika masuk ke dalam penjara bisa mendapatkan ilmu yang lebih parah lagi dari para pelaku kejahatan narkotika lainnya.

“Kami sudah melakukan pendekatan dengan berberapa pihak untuk mengadakan fasilitas itu di Kota Pangkalpinang, sehingga orang yang menyalahgunakan untuk dirinya sendiri dan bukan pengedar, kalau mereka masuk ke dalam penjara malahan mendapatkan ilmu lain,” kata Jefferdian.

Tindak penyalahgunaan narkotika selama tahun 2021 di Kota Pangkalpinang tidak ada penurunan, masih sama dengan kasus pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kita berharap angka itu terus menurun, apabila tidak menurun maka ini akan berdampak kepada penerus bangsa kita. Nanti pada gilirannya tidak ada lagi stok pimpinan yang bisa kita persiapkan untuk memimpin Kota ini,” kata Jefferdian.

Tahun 2021 kasus narkotika didominasi oleh anak-anak berusia muda, dan bervariasi dari orang yang mampu dan tidak mampu.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button