NEWSPANGKALPINANG

Sebanyak 464 Rumah Terdampak Banjir Rob Pasang Air Laut di Kota Pangkalpinang

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 464 rumah di Kota Pangkalpinang terendam. Air laut pasang tinggi, yang terjadi sejak Selasa pagi, 7 Desember 2021, menjadi sebab banjir di rumah-rumah yang berada di dataran rendah itu.

Melalui data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, rumah yang terdampak banjir rob itu berada di Jalan KH Abdurahhman Siddik, Pantai Pasir Padi, Kelurahan Opas Indah 144 rumah terdampak, Kampung Seberang RT 07 Rt 08 150 rumah terdampak, Kelurahan Rejosari Rt 03 60 rumah terdampak, dan kelurahan pasir putih Rt 06 Rw 02 60 rumah serta Rt 09 Rw 03 50 rumah terdampak.

Sekretaris BPBD Kota Pangkalpinang Dedi Revandi mengatakan, tim BPBD Kota Pangkalpinang melakukan patroli ke titik rawan banjir dan genangan air akibat banjir rob.

“Kita bantu evakuasi masyarakat yang terdampak, hari ini kita sudah menyiagakan tim di lapangan,” ucap Dedi.

Ketinggian air yang tergenang di 6 kawasan tersebut sekitar 40cm sampai 60cm atau setinggi lutut orang dewasa.

BPBD mengimbau masyarakat untuk waspada, terutama yang berada di dekat aliran sungai atau daerah rendah yang rawan banjir.

“Masyarakat dimohon untuk siaga agar dapat memindahkan barang berharga yang mudah rusak yang lebih aman, serta menjaga anak-anak untuk tidak bermain di alur sungai atau badan sungai,” kata Dedi.

“Mudah-mudahan cuaca besok terang, sehingga tidak ada tambahan dari curah hujan yang bisa menambah debit air,” tambahnya.

Diprediksi, keesokan hari pada Rabu, 8 Desember 2021 air laut pasang mulai pukul 09:00 WIB sampai 14:00 WIB dengan pasang tertinggi di pukul 11:00 WIB.

Penulis: Louis

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button