NEWS

Rilis Kinerja 2021, Polda Babel Ungkap Tindak Kejahatan Ini yang Paling Mendominasi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung merilis hasil kinerja selama 2021 terkait situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang terjadi ditengah masyarakat.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Yan Sultra Indrajaya mengatakan ada penurunan jumlah tindak pidana yang terjadi pada 2021 jika dibandingkan dengan 2020.

“Kalau melihat dari tren situasi kamtibmas, tahun ini kita menangani 1444 tindak pidana. Turun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 1846 tindak pidana. Namun tahun ini penyelesaian tindak pidana mencapai 71 persen. Naik dibandingkan tahun lalu yang hanya 65 persen,” ujar Yan dalam rilis akhir tahun Polda Bangka Belitung yang digelar di Gedung Tribrata, Kamis, 30 Desember 2021.

Untuk kejahatan konvensional, kata Yan, pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat) masih mendominasi dengan 215 perkara ditahun ini. Dilanjutkan dengan kejahatan Pencurian biasa dengan 192 kasus.

“Kasus penganiayaan juga masih tinggi dengan 91 kasus. Yang paling tinggi naik dari kejahatan konvensional adalah kasus penipuan dan penggelapan dimana terjadi 49 kasus di 2020, ditahun ini naik menjadi 126 kasus,” ujar dia.

Sedangkan untuk kejahatan kekayaan negara di Bangka Belitung, Yan menuturkan bahwa kasus ilegal mining masih mendominasi. Tahun lalu, kata Yan, kasus ilegal mining yang diungkap adalah 70 kasus dan tahun ini menurun dengan 58 kasus.

“Meski begitu penyelesaian tindak pidana ilegal mining masih tinggi tahun ini dengan 97 persen. Tahun lalu hanya 85 persen. Selanjutnya adalah kejahatan lingkungan dimana tidak ada kasus tahun lalu, tahun ini kasus kejahatan lingkungan ada lima perkara dan semuanya berhasil diungkap,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button