NEWS

Rakor Lintas Sektoral Pelaksanaan Operasi Lilin Menumbing 2021, Polda Babel Targetkan Situasi Kamtibmas Pada Perayaan Nataru

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral terkait pelaksanaan operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi “Lilin 2021” yang dilaksanakan selama 10 hari kedepan.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Yan Sultra Indrajaya mengatakan rakor lintas sektoral merupakan sarana evaluasi dan peningkatan kualitas kinerja terkait kesiapan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Melalui rakor ini kita berharap ditemukan solusi yang tepat sehingga seluruh kegiatan yang berkaitan dengan nataru bisa berlangsung dengan aman dan lancar,” ujar Yan dalam sambutannya dalam Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Menumbing yang digelar di Gedung Tribrata Polda Bangka Belitung, Senin, 20 Desember 2021.

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi Operasi Lilin 2019, kata Yan, jumlah angka kriminalitas yang terjadi 44 kasus. Sedangkan di 2020, kata dia, naik tiga kasus atau 6,18 persen dengan total 47 kasus.

“Merujuk dari anev pelaksanaan tahun kemarin yang mengalami peningkatan, maka sangat perlu kita tingkatkan kewaspadaan dan pergelaran tugas di lapangan guna memberi rasa aman kepada masyarakat,” ujar dia.

Menurut Yan, hasil anev dari tahun ke tahun dari kegiatan operasi yang dilakukan, telah memberikan petunjuk yang sangat mendasar untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pengamanan nataru.

“Perencanaan pengamanan dan pelayanan kebutuhan masyarakat tidak dapat dipisahkan secara parsial melainkan merupakan satu kesatuan yang utuh, terpadu dan koordinatif untuk mengantisipasi meningkatnya aktivitas masyarakat,” ujar dia.

Yan menambahkan perlu mensinergikan rencana mengamankan menjadi satu perencanaan yang sifatnya operasional dalam satu design yang memadukan pengamanan dan pelayanan masyarakat. Selain itu, kata dia, perumusan cara yang efektif berdasarkan pengalaman masa lalu perlu dilakukan agar permasalahan yang akan timbul dapat diminimalisir sekecil mungkin.

“Kita semua juga harus menyatukan langkah sesuai peran dan fungsinya sehingga menjadi rantai yang tidak terputus dalam pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button