BANGKA SELATANLENSA DAERAHNEWS

PT Timah TBK Gelar Aksi Bersih Kawasan Pesisir Laut Nek Aji Toboali

Lensabangkabelitung.com, Toboali – PT Timah Tbk bersama Tim Bangka Selatan Hame-hame Bergerak (Baher), Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Basel, TNI-Polri, serta Komunitas Sadar Wisata melaksanakan aksi bersih peduli lingkungan di pesisir Pantai Laut Nek Aji dan sekitarnya, Jumat, 3 Desember 2021.

Kegiatan bersih-bersih pantai Laut Nek Aji yang diikuti sekitar 200 peserta dan dihadiri sejumlah SKPD seperti Bappeda, Kecamatan Toboali, Kelurahan Tanjung Ketapang dimulai dari sekitaran Bom Pendek Tanjung Ketapang hingga ke Pantai Laut Nek Aji.

GM PT Timah Tbk, Robertus Bambang Susilo mengatakan, kegiatan bersih kawasan pesisir sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kebersihan, dan juga bentuk silaturahmi antara PT Timah dengan masyarakat Toboali dan sekitarnya.

“Silaturahmi ini, kita diwujudkan dengan menggelar aksi bersih-bersih pantai sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Ini merupakan suatu kesempatan yang baik untuk bersilaturahmi sekaligus aksi bersih pantai,” kata Robertus.

Dalam kegiatan aksi bersih-bersih, kata Robertus, pihaknya tetap melaksanakan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

“Kegiatan ini tentunya kita laksanakan dengan menerapkan prokes Covid-19, dan hasilnya kawasan wisata ini menjadi bersih, nyaman dan indah untuk kita bisa datangi,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas DPKPLH Basel Gatot Wibowo mengatakan kegiatan bersih kawasan pantai Laut nek Aji yang merupakan kawasan wisata di Toboali merupakan inisiasi dari PT Timah Tbk bekerja sama dengan Tim Baher dan Pena Ar Rahmah yang melibatkan unsur Pemkab Basel, TNI-Polri serta sejumlah ormas dan komunitas.

“Kami dari pemerintah daerah sangat mensuport kegiatan positif ini untuk bersama-sama menjaga lingkungan khususnya di pesisir pantai. Rencana minggu kedepan akan digelar lagi aksi bersih di darat dan pesisir pantai, Pak Bupati bersama Forkopimda akan turun langsung juga PT Timah,” ujar dia.

Ia mengungkapkan dalam aksi yang melibatkan kurang lebih sekitar 200 peserta, sampah yang berhasil di pungut yakni sampah plastik pesisir pantai sebanyak hampir 2 truk sampah.

Terpisah, Sekretaris Tim Baher Rofiko mengatakan, dalam aksi bersih-bersih pihaknya bersama mitra PT Timah memberikan 30 unit tong sampah ke Dinas DKLPH sebagai bentuk dukungan aksi peduli lingkungan di pesisir pantai Tanjung ketapang.

“Hari ini kita menyerahkan 30 tong sampah yang kita fokuskan di RT 05 RW 03 Kelurahan Tanjung Ketapang. Bersama PT Timah kita menggagas kegiatan ini karena ada keluhan masyarakat bahwa tong sampah di Pantai Nek Aji tidak ada lagi. Jadi kita bekerja sama dengan kepada Dinas DLPKH termasuk biaya pengkutan sampah tiap bulanya di Pantai Tangsi Ini,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button