NEWS

Proses 71 Pelanggaran dan Pecat 22 Polisi Selama 2021, Kapolda Babel: Didominasi Penyalahgunaan Narkoba

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 22 orang anggota kepolisian di Polda Bangka Belitung dan jajaran mendapat hukuman Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) alias dipecat selama 2021.

Dalam laporan kinerja 2021 yang dirilis Polda Bangka Belitung, terdapat 71 pelanggaran anggota yang terdiri dari 27 orang bertugas di Polda Bangka Belitung, satu orang di Ditpolairud, dua orang di Satbrimob, 15 orang di Polres Pangkalpinang, enam orang di Polres Bangka, enam orang di Polres Bangka Tengah, enam orang di Polres Bangka Selatan, tiga orang di Polres Bangka Barat dan lima orang di Polres Belitung.

Sedangkan anggota yang dipecat terdiri dari 10 orang personel Polda Bangka Belitung, satu orang personel Ditpolairud, satu orang personel Satbrimob, dua orang personel Polres Pangkalpinang, dua orang personel Polres Bangka, satu orang personel Polres Bangka Tengah, satu orang personel Polres Bangka Selatan, tiga orang personel Polres Bangka Barat dan satu orang personel Polres Belitung.

Polisi-polisi yang dipecat tersebut kebanyakan terkait pelanggaran penyalahgunaan narkoba sebanyak 14 orang, asusila dua orang, pernikahan siri satu orang dan disersi lima orang.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Yan Sultra Indrajaya mengatakan pelanggaran dan pemecatan anggota sengaja diekspos sebagai bentuk komitmen kepolisian dalam membersihkan diri secara internal.

“Kami berkomitmen kalau menertibkan masyarakat kami harus tertib dulu,” ujar Yan dalam rilis akhir tahun Polda Bangka Belitung yang digelar di Gedung Tribrata, Kamis, 30 Desember 2021.

Untuk jenis pelanggaran, kata Yan, anak buahnya banyak melakukan penyalahgunaan narkoba, tidak masuk dinas, meninggalkan tugas, tidak melaksanakan apel hingga bekerja tidak profesional.

“Anggota menggunakan narkoba akan PTDH. Kita sudah ada komitmen dari pimpinan polri kalau masalah narkoba harus diberantas dilingkungan kepolisian. Ini komitmen kami agar bisa menjadi teladan bagi masyarakat. Polisi juga yang melanggar harus ditindak tegas,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button