BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA KRIMINALNEWS

Polres Bangka Tengah Tangkap Kucing Yang Curi Satu Ton Buah Kelapa Sawit

Lensabangkabelitung.com, Koba – Kepolisian (Resor) Polres Bangka Tengah berhasil mengamankan Kucing yang merupakan salah satu pelaku pencurian satu ton kelapa sawit di kebun milik Acen yang terletak di Desa Simpang Katis, Kecamatan Simpang Katis pada Februari 2015 silam.

Kapolres Bangka Tengah AKBP Moch Risya Mustario mengatakan Kucing diamankan di perkebunan karet milik warga Desa Simpang Katis.

“Kucing ini merupakan pelaku pencurian kelapa sawit bersama rekannya Ajon, Martin dan Han. Ajon dan Martin sudah menjalani hukuman. Sedangkan pelaku lain bernama Han saat ini sudah masuk DPO (Daftar Pencarian Orang),” ujar Risya, Jumat, 24 Desember 2021.

Menurut Risya, kawanan perampok ini beraksi dengan menggunakan dua unit sepeda motor masuk kedalam kebun sawit milik korban Acen lalu memetik buah sawit tanpa izin.

“Buah sawit yang dipetik komplotan ini mencapai satu ton. Usai memetik tanpa izin, buah sawit itu dikumpulkan dan disimpan di lokasi. Sebelum sawit itu dijual para pelaku, aksinya sudah keburu kepergok warga dan pemilik kebun,” ujar dia.

Akibat perbuatan para pelaku, kata Risya, korban mengalami kerugian sebesar Rp 2,5 juta. Saat ini Kucing sudah diamankan di Mapolres Bangka Tengah untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut.

“Atas perbuatannya, pelaku diduga melanggar pasal 363 ayat 1 ke-4 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun,” ujar dia.

Kucing mengatakan dia dan ketiga rekannya sudah berteman dan sering nongkrong bersama. Ide melakukan pencurian, kata dia, adalah dari Ajon.

“Saat beraksi, yang memetik sawit adalah Ajon. Kita hanya mengumpulkan saja. Kita juga mengetahui kebun itu milik Acen dari Ajon. Ajon dan Martin sudah ditangkap dulu. Kalau Han, saya tidak tahu keberadaannya karena usai mencuri dan diketahui warga, kami semuanya berpencar,” ujar dia.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button