NEWS

Personel Ditpolairud Panen Penghargaan Atas Kinerja Sepanjang Tahun 2021

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sejumlah personel Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bangka Belitung meraih penghargaan di momen HUT ke-71 Polisi Perairan dan Udara (Polairud) atas kinerja yang memuaskan sepanjang tahun 2021.

Tidak tanggung-tanggung, penghargaan diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan atas kinerja personel Ditpolairud mengungkap penyelundupan benih lobster dan juga penghargaan dari Kapolda Bangka Belitung atas pengungkapan kasus narkoba dan kepemilikan senjata api.

Direktur Ditpolairud Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Muhammad Zainul mengatakan pihaknya selama 2021 telah melakukan penegakan hukum dengan mengungkap 31 kasus.

“Kasus tersebut didominasi kasus tindak pidana ilegal mining, illegal fishing, penyelundupan benih lobster, bahan peledak bom ikan, narkoba dengan pelaku bersenjata api, kapal hantu, illegal oil hingga perdagangan BBM ilegal,” ujar Zainul kepada wartawan usai Syukuran HUT ke-71 Polairud di Gedung Tribrata Polda Bangka Belitung, Rabu, 1 Desember 2021.

Dari pengungkapan 31 kasus tersebut, kata Zainul, pihaknya mengamankan tersangka sebanyak 51 orang untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut.

“Selain penegakan hukum, kita juga telah melakukan berbagai macam kegiatan sosial hingga memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bagi 11.991 masyarakat pesisir dan nelayan serta pulau terpencil di Bangka maupun Belitung,” ujar dia.

Personel Ditpolairud Polda Bangka Belitung yang mendapatkan penghargaan dari KKP atas pengungkapan kasus penyelundupan benih lobster adalah Komisaris Besar Mochamad Zainul, AKBP Irwan Deffi Nasution, AKBP Andreas Purwanto dan AKBP Toni Sarjaka.

Personel yang mendapatkan penghargaan dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan yang juga atas pengungkapan kasus benih lobster
adalah Iptu Irwan Haryadi, Iptu Asmadi, IPDA Yudi Lasmono, Bripka Idwar Susilo, Bripka Indra Praja, Bripka Hapin, Bripka Akhirudin, Bripka Raki Satria Utama, Brigpol Rangga Pribadi, Bripda M Supriadi dan Bharada Boby Deswara.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Yan Sultra Indrajaya juga memberi penghargaan kepada anak buahnya atas pengungkapan kasus narkoba dan senjata api adalah Iptu Asmadi, Iptu Irwan Haryadi, Bripka Afri Syehmanto, Bripka Raki Satria Utama, Bripka Indra Praja, Bripka Akhirudin.

Selain itu, Yan juga memberi penghargaan kepada anak buahnya di Ditpolairud yang berhasil mengungkap kasus bon ikan, yakni Bripka Heri Irawan, Bripka Afri Syehmanto, Bripka Raki Satria Utama, Bripka Indra Praja, Bripka Akhirudin, Bripka Hapin, Briptu Debby Putra Pratama, Briptu M Ahyar, Brigpol Efriansyah Kusuma dan Bharaka Bambang Darminto.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button