BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Percepatan Penanganan Covid-19, Vaksinasi Digelar di Desa Nibung

Lensabangkabelitung.com, Koba – Tenaga Kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangka Tengah beserta unsur musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) Kecamatan Koba menggelar vaksinasi di Desa Nibung Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah.

Jenis vaksin yang disiapkan dan diberikan kepada kepada masyarakat ada empat jenis vaksin yaitu Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, dan Moderna.

Dokter RSUD Bangka Tengah dr Nursin Muklis mengatakan upaya percepatan vaksinansi covid-19 ini menjadi pekerjaan rumah seluruh pihak.

“Semakin cepat proses vaksinasi berlangsung, kata dia, maka harapan untuk kembali ke keadaan normal akan semakin cepat,” ujar Nursin, Selasa, 7 Desember 2021.

Nursin menuturkan peruntukan vaksin dapat digunakan dari usia 12 tahun ke atas setelah melalui proses skrining kesehatan.

“Untuk usia kurang dari 18 tahun, diutamakan penggunaan vaksin sinovac,” ujar dia.

Namun untuk warga yang berumur 18 tahun ke atas, kata dia, dapat menggunakan keempat jenis vaksin sesuai vaksin yang tersedia selama kegiatan atau dapat memilih vaksin di sentra vaksin yang buka di hari tersebut.

“Sementara pemberian vaksin jenis Moderna untuk saat ini kami khususkan kepada nakes dan vaksin moderna yang ada di kita sekarang masih kosong,” ujar dia.

Nursin menambahkan pihaknya belum mengetahui target pemberian vaksinasi yang telah dicapai di Desa Nibung ini.

“Mungkin di Puskesmas, Dinas Kesehatan atau teman-teman kepolisian yang memiliki data realtime nya. Kami dari Nakes RSUD hanya melaksanakan tugas vaksinator saja,” ujar dia.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button