BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Pemkab Bateng Terima Dana ABPN di 2022 Sebesar Rp 709 Miliar

Lensabangkabelitung.com – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2022, pada Kamis (2/12/2021) di ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Bangka Belitung.

Usai penyerahan, Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan bahwa kegiatan penyerahan ini sekaligus evaluasi dan perbaikan atas pelaksanaan DIPA Tahun 2021 serta langkah-langkah yang akan kita lakukan di Tahun 2022.

“APBN harus digunakan dan diprioritaskan terutama dalam penanganan kesehatan, perlindungan sosial masyarakat miskin dan rentan, peningkatan sumber daya manusia yang unggul berintegritas dan berdaya saing, melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi, penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah, dan melanjutkan reformasi anggaran,” terang Erzaldi.

Menurutnya, pokok-pokok Kebijakan Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2022 menjadi fokus pemerintah yaitu melanjutkan kebijakan perbaikan kualitas belanja daerah untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah, melanjutkan penguatan sinergi oerencanaan oenganggaran melalui peningkatan harmonisasi belanja daerah, nelanjutkan kebijakan peningkatan infrastruktur publik daerah, peningkatan efektifitas penyaluran DAK Fisik dan non fisik, nenggunakan dana desa sebagai instrumen untuk pemulihan ekonomi di desa.

“Kepada seluruh Bupati/Walikota agar benar-benar menggunakan Alokasi Dana Desa Tahun 2022 dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Percepat belanja daerah agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, gunakan untuk pemulihan ekonomi dan percepatan penanganan kemiskinan,” harap gubernur.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan bahwa pihaknya akan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2022 dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bangka Tengah.

“Alhamdulillah hari ini kita telah menerima TKDD Tahun Anggaran 2022. Hal-hal yang berkaitan dengan anggaran ini sudah kami siapkan untuk dilaksanakan secepatnya terutama dalam hal penyerapan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bangka Tengah,” ujar Algafry.

Berikut rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022.

1. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung senilai Rp 1,42 Triliun.

2. Pemerintah Kota Pangkalpinang senilai Rp 632,51 Milyar.

3. Pemerintah Kabupaten Bangka senilai Rp 915,40 Milyar.

4. Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah senilai Rp 709,29 Milyar.

5. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat senilai Rp 688,18 Milyar.

6. Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan senilai Rp 756,77 Milyar.

7. Pemerintah Kabupaten Belitung senilai Rp 740,92 Milyar.

8. Pemerintah Kabupaten Belitung Timur senilai Rp 648,52 Milyar.

Hendri/ Diskominfosta Bangka Tengah

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button