BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA NASIONALLENSA POLITIKNEWS

Jumlah Penduduk Naik, Kursi DPRD Bangka Tengah Diusulkan Bertambah

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menyiapkan anggaran untuk penambahan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) seiring dengan pertambahan penduduk.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan penduduk Bangka Tengah saat ini sudah mencapai 200.015 jiwa sehingga anggaran perlu ditambah untuk penambahan lima kursi lagi di DPRD.

“Pemilu 2019 di DPRD kita ada 25 kursi. Itu karena jumlah penduduk Bangka Tengah belum mencapai 200 ribu. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka bisa ada penambahan lima kursi lagi menjadi 30 kursi di Pemilu 2024,” ujar Algafry kepada wartawan, Selasa, 14 Desember 2021.

Dengan usulan penambahan kursi tersebut, kata Algafry, maka untuk daerah pemilihan sudah bisa direncanakan dengan melihat potensi suara masing-masing wilayah atau Kecamatan.

“Bisa saja dapilnya per kecamatan atau ditambah gabungan dua kecamatan untuk satu dapil,” ujar dia.

Algafry meminta Bawaslu untuk melakukan pemantauan seperti mengecek pendataan jumlah penduduk melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Begitu pun anggaran hibah. Silahkan usul sesuai kebutuhan. Kami ingin demokrasi di Indonesia berjalan sesuai keinginan rakyat dan aspirasi rakyat pun terserap merata,” ujar dia.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto menambahkan akan segera menindaklanjuti rencana penambahan jumlah kursi di DPRD.

“Kita akan menyinkronkan data Dindukcapil Bateng dengan Kementrian Dalam Negeri dalam waktu dekat. Kita sinkronkan dulu data jumlah penduduk, tahap selanjutnya baru kita laksanakan,” ujarnya.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button