NEWS

Jaga Kamtibmas Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Babel Tangkap 37 Bandit

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung bersama jajaran berhasil menangkap 37 orang bandit atau pelaku tindak kejahatan.

Penangkapan bandit yang meresahkan masyarakat itu dijalankan melalui sebuah operasi bersandi “Tertib Menumbing” yang digelar pada 29 November sampai dengan 10 Desember 2021 lalu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Maladi mengatakan total ada 31 tindak pidana yang berhasil diungkap oleh polisi selama Operasi Tertib Menumbing 2021.

“Ada 37 orang yang ditangkap oleh Polda Bangka Belitung bersama jajaran dengan 31 perkara yang terdiri 15 tindak pidana curat, 14 tindak pidana pencurian biasa dan 2 tindak pidana curanmor,” ujar Maladi dalam siaran persnya yang diterima wartawan, Sabtu malam, 18 Desember 2021.

Para pelaku kejahatan itu, kata Maladi, menggunakan berbagai macam modus operandi diantaranya pelaku curat memasuki rumah baik kosong maupun ada penghuninya pada malam hari dengan cara mencongkel jendela atau pintu dengan menggunakan pisau atau obeng.

“Sedangkan pelaku curanmor mengambil sepeda motor dimana anak kuncinya masih tertempel di lubang kunci sepeda motor dan ada juga menggunakan kunci “T” apabila sepeda motor dikunci stang oleh korban,” ujar dia.

Maladi menambahkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif adalah tujuan utama kepolisian dalam melaksanakan operasi. Dia meminta kepada masyarakat agar selalu peduli terhadap lingkungannya sehingga tercipta situasi kondusif.

“Masyarakat agar selalu waspada dan mengawasi harta benda yang dimiliki serta tidak mudah percaya dengan orang tidak dikenal. Kordinasi dan laporkan kepada pihak yang berwajib jika mengetahui dan menemukan hal-hal yang mencurigakan,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button