BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA KRIMINALLENSA NASIONALNEWS

Ingatkan Masyarakat, Polres Bangka Tengah Sebarkan Selebaran Waspada Pinjol

Lensabangkabelitung.com. Bangka Tengah – Pinjaman Online (Pinjol) ilegal yang sangat meresahkan di tengah-tengah masyarakat khususnya di Kabupaten Bangka Tengah, bahkan telah memakan korban jiwa. Karena menjadi perhatian serius Kapolri, Polres Bangka Tengah menyiapkan 1000 selebaran untuk mengedukasi masyarakat terkait pinjaman online ilegal tersebut (6/12/2021).

Keresahan yang disebabkan oleh pinjol ilegal ini bermula dari bunga yang berlebih tidak pada kesepakatan awal, melakukan teror dan ancaman oleh debt colector serta biaya-biaya tambahan yang tanpa disetujui oleh pihak yang melakukan transaksi. Sehingga nasabah menjadi frustasi dan melakukan tindakan yang merugikan nasabah itu sendiri.

Kemudian edukasi yang sangat perlu diperhatikan salah satunya yaitu penggunaan kartu tanda penduduk (KTP) yang tidak asal-asalan. Karena pada saat ini, zaman semakin canggih dan kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan terbuka lebar.

Melalui Seksi Humas, Polres Bangka Tengah akan membagikan 1000 lembar leaflet edukasi terkait pinjaman online ilegal, Leaflet yang berjudul “Waspada Pinjaman Online Ilegal” berisi beberapa materi terkait ciri dan cara menghindari pinjol ilegal.

Disamping itu pula juga disertai cara untuk melaporkan jika sudah terjebak oleh jaringan pinjol tersebut.Kapolri Jendral Listyo Sigit telah memerintahkan Bareskrim Polri untuk menindak jaringan Pinjol ilegal tersebut dan berhasil menangkap 5 orang debt collector (15/06/2021) yang melakukan tindakan bully dan 2 orang WNA yang masih diburu karena mengendalikan pinjol ilegal.

Agar tidak terjadi korban di Kabupaten Bangka Tengah, Polres Bangka Tengah akan terus melakukan edukasi terkait pinjaman online kepada masyarkat baik dari media sosial, media online dan selebaran agar masyarakat paham dan mengerti penyedia jasa pinjaman online yang aman dan terdaftar pada OJK (otoritas Jasa Keuangan).

Kemudian, masyarakat dapat langsung datang ke Babinkamtibmas di setiap desa/kelurahan jika terjadi atau ada indikasi pinjol ilegal yang meresahkan tersebut sebagai langkah awal.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button