BANGKA BARATLENSA DAERAHNEWS

Hujan Deras, Ratusan Rumah di Muntok Terendam Banjir

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Hujan deras yang melanda Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat dari dini hari hingga sore menyebabkan ratusan rumah terendam banjir. Pada saat ikut turun ke lapangan dalam rangka penanggulangan banjir bersama tim gabungan, Bupati Bangka Barat Haji Sukirman mengatakan bahwa bencana tersebut memang setiap setahun sekali pasti terjadi.

“Muntok khususnya Kampung Ulu dan Tanjung setahun sekali pasti ada banjir,” kata Sukirman, Rabu, 8 Desember 2021.

Politisi Partai Nasdem tersebut juga menyatakan, persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Bangka Barat sudah cukup matang. Terutama persiapan yang telah dicanangkan oleh tim gabungan bersama TNI, Polri beserta BPBD.

“Kita sudah siagalah. Yang terdampak ini 426 KK, tiga di Tanjung, satu di Kampung Ulu, kalau kita lihat sampai saat ini adalah satu dua yang kebetulan lansia sudah kita evakuasi, yang lain-lain tidak seperti dulu-dulu, yang rumahnya penuh air, kecuali yang rumah di pinggir bibir sungai,” ujarnya.

“Tadi airnya sepinggang, belum terlalu parah, evakuasi sudah mulai dari pagi. Bantuan yang diberitakan adalah konsumsi dan medis, langkah penanganan ada pompa air dan posko di empat titik,” kata dia menambahkan.

Sementara itu di waktu yang sama, Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto saat ini belum bisa menilai berapa kerugian masyarakat akibat bencana banjir ini. Namun, sejauh ini ia mengungkapkan sudah ada tiga warga yang dievakuasi ke Puskemas.

“Korban ada tiga yang sakit, puskemas sudah melayani, ada keluhan yang satunya habis melahirkan. Besok masih banjir deh kayaknya ini, posko sudah ada, pintu air yang ada di tanjung itu akan kita tutup kalau rob datang, terus kita pasang pompa untuk kelurnya, kita tutup pake kayu, terus ada dua puluh kita siapkan pompa,” ujar Agus Siswanto.

Untuk diketahui, sampai malam ini Kecamatan Muntok masih diguyur hujan meskipun tidak deras seperti pagi dan siang hari.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button