NEWS

DPD KNPI Babel Berharap Putra Daerah Pimpin PT Timah Tbk

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Menyikapi dan mendengar informasi Rencana Rapat Umum Pemegang Saham atau yang dikenal dengan RUPS PT Timah yang akan dilaksanakan pada waktu dekat ini, maka Selasa 21 Desember 2021, Dewan Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia Bangka Belitung menggelar Talkshow Pertambangan dengan tajuk “Komparasi Putra Daerah dan Luar Daerah Pada Pimpinan Elit PT Timah”. Dengan menghadirkan beberapa narasumber sebagai pembicara.

Narasumber pertama, Wirtsa Firdaus dari internal PT Timah Tbk, menegaskan bahwa PT Timah ini adalah perusahaan yang dimiliki oleh negara, yang punya aturan, punya cara main tersendiri dalam menentukan dan menetapkan pimpinan-pimpinan, direktur- direktur yang berada dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara.

“Yang terpenting adalah bagaimana kesiapan Sumber Daya Manusia atau SDM tersebut dalam menerima tantangan untuk menduduki posisi tersebut, kami dari PT Timah berharap kepada semua elemen terkhusus bagi anak muda, mari kedepankan objektivitas dalam menilai suatu hal, tak terlebih dari RUPS nanti, siapapun yang diberi kesempatan untuk menduduki posisi strategis tersebut kami siap,” tutur Wirtsa.

Hadir juga sebagai narasumber pada acara talkshow tersebut dari akademisi yakni Dr Jeanne Darc Noviayanti M.Hum yang merupakan salah satu Dosen di Universitas Bangka Belitung. Dia menjelaskan dari sudut pandang akademisi mengenai pertambangan, yang selalu ada pro dan kontra. Melihat dari tema yang diangkat dari taklkshow ini maka harapannya adalah apabila pada pimpinan elit dalam sebuah lembaga yang ada di daerah, maka diharapkan semangat membangun daerahnya lebih kuat. Namun juga tidak mesti yang bukan putra daerah tidak lebih baik, namun motivasi dan semangat dari putra daerah untuk membangun umumnya lebih mendalam.

Dharma Sutomo selaku tokoh Bangka Belitung yang juga bagian dari kegiatan tersebut, mengatakan sejarah pertambangan dari masa ke masa selalu bicara tentang putra daerah, ini sebenarnya sudah selesai pada tahun 1928 saat kongkres pemuda, tidak lagi bicara tentang kedaerahan, namun sudah bicara pemersatu, bicara kebersamaan dan kebinekaan, artinya ada yang jauh lebih penting dari apa yang akan dibahas, yakni sudah sangat layak hari ini bicara tentang kepemilikan saham untuk daerah di PT Timah itu sendiri. Dengan adanya kepemilikan saham tersebut tentu akan adanya rasa memiliki yang hadir tengah-tengah masyarakat Bangka Belitung tentang kepemilikan PT Timah itu sendiri, dengan demikian semua permasalahan yang selama ini sudah terjadi akan mudah terselesaikan jika rasa kepemilikan ini sudah muncul di semua kalangan masyarakat Bangka Belitung.

Kepala kantor Cabang ICDX, Muhamad Irham, yang juga sebagai narasumber pada acara talkshow ini menjabarkan, bahwa pada bursa dagang timah dunia, isu putra daerah pada pimpinan elit PT Timah sama sekali tidak mempengaruhi harga timah. “Yang menjadi pengaruh adalah bagaimana PT Timah itu sendiri memberikan daya dorong manfaat yang luas, bahkan kita bisa melihat ada salah satu didunia ini yang negaranya menghasilkan timah namun timahnya tidak laku pada pasaran dunia karena isu negatif, artinya PT Timah yang berpusat di Bangka Belitung sangat berperan dalam memainkan harga timah dunia,” ujar dia.

Dalam Talkshow pertambangan ini, ketua DPD KNPI Babel meminta dengan tegas pada RUPS yang akan datang dalam waktu dekat ini, agar mempertimbangkan SDM putra daerah yang ada di dalam unsur PT Timah itu sendiri untuk bisa menduduki posisi-posisi strategis.

Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button