BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Cuaca Ekstrem, Nelayan Bangka Selatan Diminta Waspada Saat Melaut

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Satuan Polisi Air Udara (Satpolairud) Polres Bangka Selatan menghimbau kepada nelayan pesisir di wilayah hukum Polres Bangka Selatan untuk mewaspadai cuaca ekstrem guna menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan di laut.

“Beberapa hari ke depan cuaca sedang ekstrem, kami mengharapkan belahan selalu waspada dan berhati-hati saat melaut serta selalu memantau dan mencari informasi tentang perkiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG),” kata Kasat Polairud, Iptu Rio Pranata Tarigan, Selasa 7 Desember 2021.

Sebagai langkah antisipasi terjadinya kecelakaan laut, Rio menuturkan, selain memantau perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, para nelayan diminta untuk membawa perlengkapan keselamatan saat melaut.

“Cuaca sekarang masih terbilang ekstrem, perkiraan gelombang 2 sampai tiga meter untuk itu nelayan harus berhati-hati, persiapkan perlengkapan keselamatan seperti pelampung, kondisi perahu, dan perlengkapan keselamatan lainnya,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, apabila cuaca tidak mendukung diharapkan nelayan tidak memaksakan diri untuk pergi melaut, utamakan keselamatan karena itu yang utama.

“Keselamatan adalah yang utama. Jangan memaksakan untuk melaut saat cuaca sedang tidak mendukung,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button