BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Capaian Vaksinasi Bangka Tengah Diatas 70 Persen, Sudah Lepas Sanksi Mendagri

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Vaksinasi Covid-19 memang masih menjadi program utama Pemerintah Republik Indonesia dalam menekan angka Covid-19. Bahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan melakukan evaluasi terhadap daerah yang tidak mencapai target 70 persen angka vaksin dosis pertamanya di akhir tahun 2021.

Bupati Bangka Tengah Algafry mengatakan dana insentif tahun 2022 mengalami penurunan yang lumayan besar jika dibandingkan tahun 2021. Hal tersebut dikarenakan dana yang disalurkan oleh pihak pusat berkurang akibat pandemi Covid-19.

“Namun pengurangan dana ini juga berlaku untuk semua wilayah di Indonesia,” ujar Algafry, Senin, 20 Desember 2021.

Algafry menuturkan capaian vaksinasi Bangka Tengah saat ini sudah mencapai 73,60 persen. Tetapi khusus untuk lansia, kata dia, baru mencapai 45,25 persen.

“Sehingga terobosan yang kita lakukan adalah melalui door to door. Selain door to door, saya juga akan mengadakan pertemuan dengan berbagai lintas sektor, terutama ibu-ibu PKK, agar turut mengajak dan menghimbau para lansia dan masyarakat umum lainnya yang belum melakukan vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Terkait varian baru Omicron, kata Algafry, pihaknya mengikuti himbauan dari pusat untuk tidak ke luar negeri dan tetap menerapkan prokes.

“Apalagi menjelang Nataru, kita mengingatkan untuk tidak mengadakan event apapun yang sampai menimbulkan kerumunan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah M Anas Ma’ruf mengatakan capaian vaksinasi Covid-19 desa sudah 70 persen ke atas. Sehingga kalau ditotal rata-rata sudah 73,60 persen.

“Program door to door ini benar-benar berpengaruh, terutama bagi para lansia. 700 orang perhari, namun jika hari Jumat biasanya bisa ribuan, bahkan pernah mencapai 4000 orang dalam sehari, pada waktu vaksinasi sedang gencar-gencarnya,” ujarnya.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button