BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Bupati Bangka Tengah Ajak Masyarakat Lebih Peduli Administrasi Kependudukan

Lensabangkabelitung.com — Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T mengakan pentingnya administrasi kependudukan dipahami oleh masyarakat. Pihaknya, kata dia, juga selalu berusaha memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat, salah satunya pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil.

“Pelayanan dokumen kependudukan juga saat ini juga sudah bisa melalui aplikasi SiPelanduk (Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan) dan juga melalui pelayanan pesan aplikasi Whatsapp. Diharapkan dengan kemudahan dan inovasi ini dapat memudahkan akses serta lebih praktis bagi masyarakat,” ujar Algafry, Kamis, 23 Desember 2021.

Ia juga mengingatkan dan menghimbau masyarakat Bangka Tengah akan pentingnya data kependudukan yang sudah diperbarui dikarenakan pemanfaatan data kependudukan saat ini diperlukan baik di pemerintahan maupun lembaga terkait lainnya dalam penyelarasan pembangunan.

“Ayo, mari kita segera urus sendiri dokumen kependudukan karena dengan lengkapnya dokumen yang dimiliki adalah sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah mewujudkan masyarakat Tertib Administrasi Kependudukan dan kecintaan terhadap daerah. Salam Dukcapil Bisa, Bangka Tengah Semakin Unggul,” ajaknya.

Kepala Disdukcapil Bangka Tengah, Drs. Julhasnan, M.Tr.I.P, turut menambahkan bahwa administrasi kependudukan oleh Disdukcapil sesuai dengan Permendagri Nomor 108 Tahun 2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Ia juga menambahkan pelayanan Disdukcapil di Kabupaten Bangka Tengah saat ini sudah mengikuti perkembangan teknologi, yakni digital (online) dan juga secara offline.

“Pelayanan di Disdukcapil sendiri terbagi menjadi 2, yakni Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Hampir semuanya, saat ini, sudah bisa dilakukan secara online dan offline, kecuali untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang harus datang dikarenakan adanya perekaman secara langsung,” terang Julhasnan.

Julhasnan juga menambahkan komitmen Disdukcapil untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Bangka Tengah secara cepat, akurat, lengkap dan gratis.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah sendiri pada tahun 2021 meraih penghargaan predikat Sangat Baik dari Kementerian PAN-RB dalam penilaian unit pelayanan publik selama tahun 2020. Saat ini juga Disdukcapil juga mempunyai mesin Anjungan Dukcapil Mandiri yang tersedia di Kecamatan Simpang Katis sebagai bentuk kemudahan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat Bangka Tengah terkait administrasi kependudukan.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button