BANGKA BARATLENSA DAERAHNEWS

Bupati Bangka Barat Resmikan Sarana Penyedia Air Minum di Desa Rambat

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Bupati Bangka Barat, Sukirman meresmikan Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) Program Pamsimas III Reguler dan HID Tahun 2021 bertempat di halaman kantor desa Rambat, Kecamatan Simpang Teritip pada Senin, 13 Desember 2021.

Dalam acara peresmian tersebut turut hadir dalam kegiatan diantaranya Kepala Dinas Kesehatan, PLt, Dinas Perkimhub, Camat Simpang Teritip, Kepala Desa Rambat, Paradong, Simpang Gong, Bukit Terak, dan Simpang Tiga serta tamu undangan lainnya.

Program Pamsimas III ini merupakan agenda nasional yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.

Dalam sambutannya Bupati Sukirman mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat sehingga program ini sampai ke Kabupaten Bangka Barat.

“Sebagai Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sejak dulu hingga hari ini, kami konsisten ingin membuat kesejahteraan yang dimulai dari desa, apabila masyarakat desanya sehat bisa dipastikan kecamatannya kuat, apabila kecamatannya kuat begitu juga kabupatennya jadi lebih kuat lagi untuk merealisasikan Bangka Barat maju, sejahtera dan bermartabat,” kata Sukirman.

“Kita berharap dengan telah dibangunnya fasilitas SPAMS ini agar dirawat dan jagalah sebaik-baiknya untuk kesejahteran masyarakat desa,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Barat, Helwanda, dalam laporannya mengungkapkan bahwa kegiatan Pamsimas III di Kabupaten Bangka Barat ini terlaksana di sembilan desa dengan rinciannya terdiri dari empat untuk desa regular yaitu, Desa Rambat, Desa Simpang Gong, Desa Pangkal Beras, Desa Sinarsari dan lima desa untuk Hibah Insentif Desa (HID) yaitu Desa Kundi, Desa Bukitterak, Desa Ibul, Desa Tugang dan Desa Paradong.

Kemudian, Kepala Desa Rambat, Ali Imron dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Desa Rambat ini masuk nominasi lima besar nasional untuk percontohan Pamsimas ini.

“Saya selaku kepala desa sangat berharap kedepannya dapat ditingkatkan lagi prasarana air bersih sehingga dengan adanya program Pasimas ini mudah-mudahan Desa Rambat terbebas dari stunting,” ujarnya.

Acara juga dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Bupati Bangka Barat kepada Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Aek Meranteh Desa Rambat sebagai KKM Terbaik, Desa Pangkal Beras Sebagai Desa Penyelenggaraan terbaik, Desa Rambat sebagai KP-SPAM terbaik, dan penghargaan kepada Fasilisator Terbaik serta Fasilisator Tehnik Terbaik daalam penyelenggaraan Program Pasimas III ini, serta dilanjutkan dengan penguntingan pita pada saluran air bersih oleh Bupati sebagai tanda peresmian Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Desa Rambat.

Penulis: Sepri | Kominfo Babar

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button