BANGKA SELATANNEWS

Amankan Pilkades Serentak di Basel, 500 Personel Gabungan Dikerahkan

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Kepolisian Resor (Polres) Bangka Selatan melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Bangka Selatan.

Sebanyak 500 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP dan Linmas dikerahkan dalam pengamanan Pilkades serentak di 31 Desa yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Selatan.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Joko Isnawan mengatakan, apel gelar pasukan dalam rangka pengecekan dan pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak tahun 2021 di 31 desa agar berjalan dengan aman dan lancar.

“Apel gelar pasukan ini dalam rangka pergeseran pasukan yang akan ditempatkan di masing-masing desa yang melaksanakan Pilkades. Sebanyak 500 personel gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP dan Linmas akan dikerahkan agar selama proses Pilkades berlangsung situasi kamtibmas tetap kondusif,” kata AKBP Joko Isnawan kepada wartawan, Selasa 7 Desember 2021.

Ia menuturkan, dalam pilkades serentak di 31 desa di Bangka Selatan terdapat sebanyak 176 tempat pemungutan suara dengan total daftar mata pilih (DPT) sebanyak 70.471.

“Untuk setiap TPS yang titik kerawanan rendah nantinya akan kita tempatkan dua orang personel dan juga 4 Linmas. Selain itu, karena ini masih dalam suasana pandemi, saya minta kepada personel yang melakukan PAM di TPS untuk menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai lengah,” ujar dia.

AKBP Joko Isnawan mengungkapkan, untuk antisipasi titik kerawanan, pihaknya akan mengantisipasi terhadap calon yang mempunyai keluarga besar terutama di wilayah kecamatan Payung dan Simpang Rimba yang ditakutkan akan menimbulkan gejolak

“Titik pola PAM-nya nanti kita sesuaikan dari daerah aman, rawan dan sangat rawan. Dan di daerah rawan kita akan perbanyak personel. Namun selama ini Pilkades di Bangka Selatan berjalan dengan aman dan lancar, namun kita tetap melakukan antisipasi,” ujar dia.

Ia juga mengimbau kepada personel yang melakukan pengamanan pilkades untuk mengikuti SOP yang ada. Personel hanya mengamankan di luar TPS saja.

“Kita ada batasan-batasan, untuk pam (pengamanan -red) pilkades ini kita tidak boleh ke dalam, hanya di luar saja. Tugasnya mengamankan kalau ada keributan dan sifatnya hanya menghimbau agar tidak terjadi keributan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button