NEWSPANGKALPINANG

Akibat Banjir Rob, 792 Rumah di 7 Titik Kota Pangkalpinang Terdampak

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Banjir rob yang terjadi dari Senin, 6 Desember 2021 hingga Kamis, 9 Desember 2021 yang diakibatkan dari tingginya pasang air laut membuat 792 rumah di Kota Pangkalpinang terdampak.

Melalui data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang ketinggian air yang menggenangi rumah masyarakat setinggi 10cm sampai 40 cm di tujuh titik lokasi yang memiliki kontur tanah yang rendah.

Tujuh lokasi yang terdampak, yakni di Kecamatan Taman Sari ada dua titik di Kampung Seberang, Kelurahan Gedung Nasional dan Kelurahan Opas Indah sebanyak 358 rumah, selanjutnya Kecamatan Pangkal Balam ada tiga titik di Jalan kakap 1 Kelurahan Ampui, Kelurahan Rejosari, dan Kelurahan Pangkal Arang dengan jumlah 180 rumah.

Kelurahan Pasir putih, Kecamatan Rangkui sebanyak 154 rumah, dan Pasir Padi, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Bukit Intan sebanyak 100 rumah.

“Tim BPBD Kota Pangkalpinang melakukan patroli ke beberapa titik wilayah dan membantu warga yg rumahnya tergenang banjir. Hingga pukul 13:30 WIB air Belum surut dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kota Pangkalpinang masih Stand By di Lokasi,” jelas Sekretaris BPBD Kota Pangkalpinang Dedi Revandi saat dikonfirmasi.

Selain itu, terjadi pohon tumbang di Pintu Air, Kelurahan Kejaksaan, Kecamatan Gerunggang yang diakibatkan oleh angin kencang dan hujan dan tidak ada korban jiwa dari kejadian itu.

Terjadi angin kencang dan hujan menyebabkan pohon tumbang ke arah Sungai Rangkui sehingga mengganggu aliran sungai, tim BPBD bersama instansi terkait melakukan evakuasi pohon tumbang dari pukul 09:00 WIB sampai dengan 10:30 WIB.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button