BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Kesadaran Masyarakat Bangka Tengah Membuat Kartu Identitas Anak Masih Rendah

Lensabangkabelitung.com, Koba – Selain untuk mempermudah pencatatan sipil, Kartu Identitas Anak (KIA) juga untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh lapisan masyarakat, oleh karena itu KIA wajib dimiliki oleh anak.

KIA sendiri digunakan untuk mempermudah menghitung jumlah penduduk. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Bangka Tengah (Dindukcapil Bateng) Julhasan.

“Jadi KTP ditambah KIA hasilnya adalah jumlah penduduk. Walau sudah terdata di KK namun KIA penting untuk anak karena setiap warga negara yang keluar rumah harus punya identitas, ” kata Julhasan di Kantornya Koba, Kamis (24/11/2022).

Dengan tegas Julhasan menekankan pentingnya KIA untuk identitas anak, agar bisa berpergian dengan aman.

“Yang wajib KTP itu 17 tahun, lantas identitas anak dibawah 17 tahun pakai apa? Makanya KIA dibuat. Siapapun yang keluar rumah harus bawa identitas,” jelasnya.

Menurut Julhasan, KIA terbagi dua jenis, yakni KIA dari umur 0-5 tahun dan 5-16 tahun.

“Kalau umur 0-5 tahun, KIA tidak ada foto, sedangkan umur 5-16 pakai foto, itu yang membedakan. Kalau sudah direkam KIA, datanya sudah masuk di SIAK, jadi pas 17 tahun bisa langsung cetak KTP nantinya,”terangnya.

Julhasnan menyebutkan, kesadaran orangtua untuk membuat KIA masih sangat sedikit karena dianggap kurang penting bagi orangtua. Oleh karena itu pihaknya mensosialisasikan kepada orang tua dengan cara memberikan penjelasan pada saat pembuatan Akta kelahiran.

“Startegi kami untuk mensosialisasikan KIA biasanya ada orangtua yang mau bikin Akta langsung kami tanya udah ada KK, udah ada KTP udah ada KIA belum. Jadi pelayanan kami all in one lah bahasanya. Jadi kamipun harus aktif. Jadi kalau anak lahir semua dokumen kependudukan kami buatkan,” jelas Julhasan.

Diketahui, jumlah pencapaian KIA di Bangka Tengah sendiri sudah melebihi target Nasional dan merupakan kebanggaan untuk Bangka Tengah.

Dengan target Nasional 65% perekaman KIA, sedangkan di Bangka Tengah mampu merekam KIA sampai 88%. Itu menandakan bahwa Bangka Tengah dengan pelayanan all in one sudah mampu melebih target Nasional dalam perekaman KIA.

Penulis : Hendri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button