NEWS

Adam Bos Alat Berat yang Babat HL Kuruk Diburu Ditreskrimsus

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kasus pengrusakan Hutan Lindung Kuruk Dusun Lubuk Pabrik Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah yang Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung mulai menunjukkan titik terang.

Direktur Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Haryo Sugihartono mengatakan pihaknya saat ini sudah menaikkan status perkara tersebut ke tingkat penyidikan.

“Agak telat prosesnya karena beberapa anak buah saya sedang sakit. Namun kasusnya tetap diproses dan sudah ke tahap penyidikan,” ujar Haryo kepada wartawan, Rabu, 15 Desember 2021.

Harto menuturkan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan beberapa orang saksi dan juga memanggil pemilik alat berat tersebut yang diketahui bernama Adam.

“Kita sudah memanggil Adam untuk diperiksa. Namun tidak datang dan belum dapat kami hadirkan alias keberadaannya belum diketahui,” ujar dia.

Menurut Haryo, pihaknya berusaha mencari keberadaan Adam untuk segera menjalani pemeriksaan. Jika pun tidak hadir, dia menegaskan akan mengambil sikap.

“Kita masih mencari keberadaan Adam agar segera mungkin menjalani pemeriksaan. Pihak penyewa alat berat tersebut juga masih berkelit dan belum bisa menghadirkan Adam,” ujar dia.

Sebelumnya Kasubdit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung Komisaris Polisi Ade Zamrah mengatakan pihaknya saat ini memeriksa enam orang saksi yang diduga mengetahui aktivitas tersebut.

“Saat ini anggota sedang melakukan pengembangan lebih lanjut. Total ada enam orang saksi yang diperiksa,” ujar dia.

Dalam perkara tersebut, kata Ade, pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya dua unit alat berat jenis ekskavator, dua unit mesin, satu sakan, dua drum, satu batang pipa dan satu gulungan selang.

“Ini hasil penindakan kita yang dilakukan kemarin di lokasi Hutan Kuruk Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah,” ujar dia.

Ade menambahkan dari hasil pengecekan menggunakan Global Positioning System (GPS) pada koordinat : X = 688895 Y= 9707414, diketahui lokasi tersebut masuk dalam kawasan Hutan Lindung Mangrove Lubuk Besar.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button