NEWSPANGKALPINANG

Tahun 2021 Kota Pangkalpinang Anggarkan Rp30 Miliar untuk Atasi Banjir

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pangkalpinang dalam upaya penanggulangan banjir di Kota Pangkalpinang telah menganggarkan biaya Rp30 miliar di tahun 2021.

Kepala Dinas PUPR Kota Pangkalpinang Suparlan Dulaspar mengatakan, anggaran Rp30 miliar digunakan untuk pembenahan saluran, normalisasi, pendalaman alur, pengangkatan sedimen dan lainnya yang membuat aliran air terhambat.

“Kami melakukan semaksimal mungkin yang bisa kami lakukan, karena kontur tanah di Pangkalpinang ini banyak yang dataran rendah. Jadi waktu hujan berbarengan dengan pasang air laut ini yang menjadi masalah air tidak bisa keluar. Ini berjalan terus, seperti Sungai Pasar Ikan, Kolong Kacang Pedang, Parit Lalang, Sumberejo, dan tempat lainnya,” kata Suparlan, Rabu, 10 November 2021.

Selain itu, Suparlan juga menjelaskan PUPR juga saat ini sudah menyediakan pompa portable untuk menyedot genangan yang terjadi saat hujan di daerah rawan untuk mengurangi debit air.

“Tahun ini sudah ada satu unit, tahun depan rencana menambah satu lagi jadi totalnya dua unit termasuk dengan mobil tariknya. Pompa itu bisa mengurangi sampai satu jam, yang sebelumnya diperlukan dua jam untuk surut, dengan alat ini bisa menjadi satu jam,” ucap Suparlan.

Tak hanya itu, PUPR juga meminta kerja sama dengan RT, RW, Lurah, dan warga setempat untuk membantu membersihkan saluran yang buntu agar aliran air menjadi lancar.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button