BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Pemkab Bangka Tengah Gaungkan Sekolah Ramah Anak

Lensabangkabelitung.com, Koba – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melaksanakan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Sekolah Ramah Anak (SRA), Rabu (10/11/2021).

Bertemakan “Melalui Sekolah Ramah Anak Kita Wujudkan Anak Bangka Tengah Berkualitas Tanpa Kekerasan”, kegiatan tersebut digelar di ruang Rapat VIP Pemkab Bateng. “Pemkab Bateng gencar menggerakkan dari keseluruh elemen bahwa anak-anak di Bateng harus menjadi generasi berkarakter unggul dan berakhlak karimah,” ujar Sekda Bangka Tengah Sugianto.

Menurutnya untuk mewujudkan hal tersebut seluruh elemen harus bergerak bersama termasuk guru sebagai tenaga pendidik yang menangani anak-anak disekolah.

“Kami berharap kepada seluruh guru-guru dan pihak sekolah untuk dapat menerapkan konsep sekolah ramah anak ini berjalan dengan baik sehingga melahirkan anak-anak didik yang mempunyai potensi yang dapat kita banggakan dan bermanfaat. Agar bisa memberikan jaminan perlindungan dari kekerasan serta rasa nyaman bagi anak didik dalam menuntut ilmu selama berada di lingkungan sekolah,” ujar dia.

Kepala DPPKBPPPA Bateng, Dedelina Lindayani mengatakan, tujuan sosialisasi dan rapat koordinasi sekolah ramah anak ini melalui penerapan sekolah anak di sekolah untuk wujudkan anak Bangka Tengah berkarakter, unggul dan bebas kekerasan.

“Sekolah ramah anak merupakan upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah yang lebih baik lagi. Di mana sosialisasi ini untuk memenuhi hak dan perlindungan anak dari kekerasan serta diskriminasi terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak pada ranah pendidikan,” ujar Dede.

Ia juga berharap dengan melalui sosialisasi sekolah ramah anak pada ini diharapkan seluruh elemen pemerintah bersama sekolah dapat bergerak bersama untuk mewujudkan sebuah sistem pendidikan yang ramah anak di Kabupaten Bangka Tengah.

Jumlah sekolah ramah anak di Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 91 sekolah, namun jumlah peserta yang hadir saat ini  namun baru bisa diakomodir melalui Dana APBD dalam kegiatan ini sejumlah 30 peserta mulai dari pendidikan TK/PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas se-Kabupaten Bangka Tengah.

Penulis : Hendri | Editor Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button