NEWS

Masyarakat Waspada, Kombinasi Hujan dan Air Laut Pasang Akan Berlangsung Beberapa Hari ke Depan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kota Pangkalpinang yang kemarin, Minggu, 7 November 2021 diguyur hujan sejak siang sampai sore hari, mengakibatkan beberapa titik mengalami banjir dengan tinggi 40cm hingga 60 cm, sedangkan air laut mencapai pasang maksimum untuk Pulau Bangka pada pukul 09:00 – 12:00 WIB.

Berdasarkan informasi prakiraan pasang air laut mksimum dari Boost Center Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), sebagian besar wilayah pesisir Pulau Bangka yang mengalami pasang maksimum pada priodenya berpotensi terjadinya kombinasi hujan dan pasang maksimum pada pukul 11:00 – 14:00 WIB.

Data dari Badan Meteorologi Kumatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Depati Amir Pangkalpinang, pada tanggal 9 November pukul 09:00 WIB pasang air laur maksimum terjadi di Kabupaten Bangka, wilayah Sungailiat. Dilanjutkan pukul 10:00 WIB di Belinyu. Untuk Kabupaten Belitung, di Tanjungpandan dan Kabupaten Bangka Barat, di Muntok. Kemudian pukul 11:00 WIB hingga 12:00 WIB di Kabupaten Belitung, wilayah Membalong, dan Kabupaten Bangka Selatan, wilayah Toboali. Terakhir pukul 15:00 WIB di Kabupaten Belitung Timur, wilayah Kelapa Kampit.

“Pulau Bangka mengalami pasang maksimum pukul 09:00 WIB sampai 12:00 WIB, sedangkan Pulau Belitung 12:00 WIB sampai 14:00 WIB, kemungkinan terjadinya kombinasi pertemuan hujan dengan pasang maksimum diperkirakan masih hingga dua sampai tiga hari ke depan,” jelas Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji pada Senin, 8 November 2021.

Apabila terjadi kombinasi tersebut, bisa diperkirakan Kota Pangkalpinang akan mengalami banjir yang lebih parah daripada yang terjadi kemarin, hal ini karena air hujan yang turun tidak bisa menuju ke laut karena air laut pasang, sehingga terjadi penumpukan air.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button