BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALLENSA POLITIKNEWS

Masih Ditemukan Masalah, Data Warga Miskin Bangka Selatan Sudah Perlu Diperbarui

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Ketua Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan, Wendy meminta Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPPPAPMD) untuk segera mengupdate data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Hal itu, terkait dengan adanya temuan dari Menteri Sosial, Ibu Risma tentang DTKS yang bermasalah mulai dari data ganda, yang meninggal masih dapat bantuan dan terakhir PNS mendapatkan bansos.

“Saya mengharapkan Pemerintah Daerah Bangka Selatan khususnya Dinsos PPPA dan Pemdes yang menjadi leading sektor agar segera mengupdate dan menverifikasi secara valid di lapangan. Dan ini perlu kerjasama semua pihak, dari RT, RW, Kades/ Lurah sampai ke dinas terkait,” kata Wendy, Minggu, 21 November 2021.

Ia meyakini bahwa permasalahan data orang miskin juga bermasalah di Bangka Selatan. Hal itu kata dia, selaku wakil rakyat sering mendapat laporan bahwa di lapangan banyak yang tidak mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

“Meskipun di lihat dari kondisi tempat tinggal bahkan orangnya pun sudah tua dan sakit sakitan tidak mendapatkan bansos maupun BPJS. Hal ini dikarenakan data yang tidak valid,” ujar dia.

Wendy meminta kepada pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk meniru pemimpin daerah saat ini yang turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi yang ada, bukan hanya menerima laporan dari bawahan.

“Kalau hanya menerima laporan dari bawahan, biasanya laporan yang diterima hanya yang baik-baik saja, padahal permasalahan dibawah sangat banyak. Untuk itu kita minta agar pejabat SKPD turun langsung ke lapangan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button