BANGKA SELATANNEWS

Kemah Blok Pramuka Pangkalan SMA Negeri 1 Lepar Pongok Turut Dihadiri Gubernur Babel

Lensabangkabelitung.com, Toboali – SMA Negeri 1 Lepar Pongok Kecamatan Lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan menggelar kegiatan Kemah Blok Gerakan Pramuka Pangkalan di Bukit Mang, Lepar Pongok.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa dan Rabu 9-10 November 2021, selama dua hari itu, diikuti 98 peserta yang terdiri dari siswa laki-laki 56 dan perempuan berjumlah 42 peserta.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris pendidikan provinsi beserta rombongan, Pengurus Kwarcab Kabupaten Bangka selatan, Pengurus Kwaran Cabang Lepar Pongok, Kepala sekolah, dewan guru, siswa dan tamu undangan.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan Pulau Lepar Pongok, Kepulauan Pongok dan Pulau Selat Nasik harus lebih maju dengan dibuka tranportasi laut kapal Roro antar kepulauan. Hal ini dapat memajukan sektor pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat Lepar.

“Misalnya home stay wisatawan di daerah kepulauan Lepar, sehingga bedampak secara ekonomi bagi masyarakat Lepar. Kemudian sebagai pelajar harus bepikir maju kedepan, memiliki cita-cita yang jelas untuk tujuan hidup sebagai generasi penerus ke depan, selain itu, pelajar juga harus hidup sehat dengan pola hidup sehat agar menjadi pelajar yang sehat,” kata Erzaldi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Sholeh mengatakan pendidikan merupakan suatu hal sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia di suatu daerah. Dan, saat ini pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah maju pesat.

“Pemerataan kemajuan pendidikan di daerah kepulauan harus sama seperti di daratan, agar mutu pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung semakin baik, salah satu dengan melalui program PISA 415 (Programe for International Student Assesment) saat ini,” kata dia.

Sementara itu Ketua Kwarcab Bangka Selatan Hengki mengatakan kegiatan pramuka merupakan pendidikan karakter. Melalui kegiatan organisasi khususnya kegiatan pramuka ini dapat membentuk karakter, karakter yang baik, menanamkan nilai-nilai karakter,

“Di zaman industri sekarang ini yang dibutuhkan bukan hanya nilai akademik akan tetapi mampu memiliki karakter yang baik, sebagai seorang pelajar harus mempersiapkan diri di masa yang akan datang, agar menjadi generasi emas,” ujar dia.

Adapun dalam kegiatan Kemah Blok Gerakan Pramuka Pangkalan pada hari pertama yakni penyampaian materi kemaritiman dari TNI AL POSMAD Sadai, kemudian dilanjutkan acara sosialisasi bahaya narkotika narasumber dari Puskesmas Lepar Pongok. Selain itu, pada malam hari kegiatannya acara pentas seni dan api unggun.

Pada hari kedua kegiatan diisi dengan hiking di daerah lokasi Rimba Rahim. Siswa berjalan kaki sesuai dengan regu mencari jejak dan menyelesaikan tantangan dari pembina dan kak senior di pos yang telah ditentukan.

Usai melakukan hiking, acara kegiatan Kema Blok Gerakan Pramuka Pangkalan ditutup langsung oleh kepala SMA Negeri 1 Lepar Pongok, Jasman.

Ia mengatakan, kegiatan Kema Blok Gerakan Pramuka SMA Negeri 1 Lepar Pongok merupakan kegiatan program tahunan yang harus dilaksanakan, dalam upaya memberikan pendidikan karakter kepada siswa agar berkarakter, berprestasi dan berwawasan lingkungan.

“Semoga kegiatan pramuka di Pangkalan SMA Negeri Lepar Pongok semangkin maju kedepan dengan kerjasama, Kwarcab, Kwaran, dewan guru, siswa dan pihak lainnya,” ujar dia.

Penulis: Mira Antica | Rusdi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button