BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Dua Aset Senilai Ratusan Juta di Posmat TNI AL Batu Beriga Terbengkalai

Lensabangkabelitung.com, Lubuk Besar – Dua aset berupa Pos Pengamat TNI Angkatan Laut Tanjung Berikat dan satu unit speedboat fiber 200 PK bernilai ratusan juta rupiah dari anggaran DAK 2017, saat ini kondisinya rusak terbengkalai.

Berada di Dusun Tanjung Berikat, Desa Batuberiga, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten Bangka Tengah, tampak Posmat AL tersebut dinding bagian belakang sudah jebol, rerumputan memenuhi halaman, sehingga terkesan sangat kumuh.

Sementara, satu unit kapal fiber yang di sisi kiri kanannya tertera tulisan J.15.No.348 BKS, Kabupaten Bangka Tengah, Dana Alokasi Khusus Afirmasi Bidang Transportasi Tahun 2017 tersebut terkesan sudah lama terbengkalai.

Dikatakan Zul, dirinya sekeluarga sempat menunggu dan merawat bangunan Posmat TNI AL tersebut selama setahun.

“Tapi sejak Januari 2021 lalu, kami tidak lagi numpang tinggal di Posmat AL Tanjungberikat ini. Sebelumnya, sempat setahun menumpang sembari merawatnya. Dahulunya, Pak Fikri suka jaga namun sekarang sudah tidak lagi. Tapi kadang-kadang, ada seorang TNI yang datang meninjau kemari,” ungkapnya saat dibincangi awak media di lokasi.

Sementara untuk kapal fiber 200PK yang terbengkalai itu, diungkap Zul, kalau kapal itu milik Desa Baru Beriga dan diperkirakan memang sudah sekitar 5 tahunan kapal itu terbengkalai.

Ia juga turut menyayangkan, karena kapal tersebut jika dalam keadaan baru ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, sehingga sangat mubazir saja.

“Sayang sekali pak, sangat mubazir, jika dibelikan perahu nelayan, bisa dapat berapa unit,” ungkapnya.

Sementara Perangkat Desa Batu Beriga Bagian Perencanaan, Randi, membenarkan jika speedboat fiber tersebut merupakan aset desa dahulunya sempat beroperasi sebelum rusak. Sementara bangunan Posmat TNI-AL tersebut bukan aset desa.

“Speedboat itu milik Desa tapi kondisinya rusak. Untuk mesin kapal ada diamankan pihak desa. Nanti kami akan berkoordinasi dengan Kades Batu Beriga terkait perbaikan kapal speedboat tersebut. Sementara, bangunan Posmat TNI-AL tersebut, bukan aset desa,” ucap Randi.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button