NEWS

Banyak Manfaat untuk Rakyat, PT Timah Tbk Didukung Para Bupati Benahi Pertambangan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Bupati Belitung Timur Burhanuddin dan Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid memberikan dukungan kepada PT Timah untuk kepentingan rakyat dalam membenahi permasalahan pertambangan.

Menurut Burhanudin, PT Timah tidak seharusnya menjadi kambing hitam dalam persoalan pertambangan, mengingat selain PT Timah juga ada perusahaan lain yang melakukan aktivitas pertambangan di Bangka Belitung.

“PT Timah menjadi bagian, perusahaan swasta lain juga kan ada. Berarti harus ada kolaborasi bersama untuk menyelesaikan permasalahan ini, yang penting jangan sampai masyarakat kita yang dikorbankan,” ucap Bupati Belitung Timur saat dijumpai di Gedung Graha Timah Pangkalpinang pada Senin, 15 November 2021.

Dikatakannya, bukan hanya di Belitung Timur, permasalahan yang ada di seluruh Bangka Belitung terkait timah hampir sama. Mulai dari perizinan, wilayah tambang, konflik masyarakat, dan permainan harga harus disikapi agar rakyat tidak menjadi korban.

“Karena itu, dalam rangka mengambil kebijakan tentang tata kelola tambang ini harus memiliki kepentingan untuk masyarakat,” kata Burharnudin.

Ditemui di tempat yang sama, Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid menuturkan, dalam rangka menyelamatkan PT Timah berserta biji timah dan rakyat, seluruh pemangku kekuasaan harus memiliki komitmen dan konsistensi bersama yang dimana kepentingan rakyat harus diatas segalanya.

“Kami dari Bangka Selatan siap memasang badan untuk PT Timah kalau seluruh stakeholder mau membela biji timah dan rakyat. Kalau Bangka Selatan yang bersifat ilegal saya tidak pernah membenarkan, kalau yang legal ayo kita maju sama-sama,” ucap Riza.

Riza menambahkan, selama dirinya menjadi kepala daerah sudah merasakan manfaat positif dari PT Timah untuk rakyatnya, seperti bantuan beasiswa, CSR, dukungan atlet dan lainnya.

“Bangka Selatan sudah banyak terbantu. Itu semua untuk rakyat bukan untuk saya, boleh dicek,” tambah Riza.

Penulis: Louis

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button