BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Apel Kesiapsiagaan Bencana di Bangka Tengah, Bupati Algafry Ingatkan Bahaya La Lina

Lensabangkabelitung.com, Koba – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar apel gabungan kesiapsiagaan bencana. Apel ini dilaksanakan dalam rangka antisipasi potensi bencana fenomena alam la nina.

“Apel ini dilaksanakan guna antisipasi terjadinya bencana alam besar karena sudah memasuki musim penghujan,” ujar Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Senin,(22/11/2021).

Ia mengatakan, kemungkinan terjadinya bencana alam seperti fenomena la nina ini sangat besar, sehingga pihaknya perlu adanya peran dan partisipasi dalam menghadapai kemungkinan bencana tersebut.

“Penanggulangan bencana ini merupakan urusan semua pihak, walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah, namun demikian masyarakat yang merupakan garda terdepan perlu juga kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,” ungkap Algafry.

Dikatakannya, kegiatan apel gabungan bencana yang diikuti oleh Pemda dan TNI Polri ini merupakan wujud nyata sinergitas kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana ditahun 2021.

Menurut Algafry, bencana alam ini terjadi secara mendadak dan tidak dapat diprediksi, karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar lintas sektor.

“Koordinasi ini penting, agar penanganan bila terjadinya bencana dapat dilakukan secara cepat dan bermanfaat, sehingga hal-hal yang lebih buruk tidak terjadi,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia pun berujar bahwa di masa sekarang ini tidak hanya perubahan cuaca yang dihadapi, namun juga Covid-19.

“Ditahun lalu kita hanya berpikir satu sisi menangani kebencanaan alam saja, tapi selama hampir dua tahun ini kita juga berpikir bagaimana melawan Covid-19 dan juga tanggap akan kebencanaan alam,” tuturnya.

Algafry menambahkan saat ini cuaca tidak bisa diprediksi karena sewaktu-waktu cuaca panas, curah hujan masih tinggi disertai petir dan angin yang kencang. Hal itu, kata dia, tidak menutup kemungkinan bisa terjadinya kebakaran lahan di daerah-daerah rawa dan bencana lainnya,” sambungnya.

“Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab kita untuk selalu melindungi, mengayomi dan melayani agar bisa menciptakan masyarakat yang produktif serta kita akan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” ujarnya.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button